Puspitasari, Heni (2009) Internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembentukan Akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110122.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk membina anak dalam mengendalikan diri dan membantu meningkatkan kualitas kepribadian mereka sasuai dengan nilai-nilai Islam, maka pada saat mereka menginjak usia remaja dengan krisis kejiwaan yang mereka hadapi, maka diperlukan adanya didikan agama yang lebih intens untuk diberikan pendidik melalui lembaga formal kepada mereka. Yang dimaksud dengan didikan agama dalam penulisan skripsi ini bukanlah pelajaran agama yang diberikan secara sengaja dan teratur oleh guru kelas saja akan tetapi pada saat jam-jam tertentu juga harus diberikan sentuhan-sentuhan agama agar terbiasa mengamalkan nilai-nilai Islam. Akan tetapi yang terpenting adalah penanaman jiwa agama yang dimulai dari berbagai kegiatan dimanapun mereka berada, dengan jalan membiasakan mereka kepada sifat-sifat dan kebiasaan yang baik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Mengapa penulis mengambil obyek Madrasah Aliyah Negeri Malang I karena disana telah dijalankan program peningkatan kualitas keagamaan yang sangat menarik untuk diteliti.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Islam kepada para siswa di MAN Malang I, program apa saja yang diinternalisasikan kepada mereka, bagaimana mereka menerima proses internalisasi nilai- nilai Islam yang ada disekolah, serta untuk mengetahui apa yang menjadi pendukung dan hambatan-hambatan mereka dalam menerima proses internalisasi nilai-nilai Islam tersebut berlangsung.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan deskritif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan adalah internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembentuksn siswa di Madrasah Aliyah Negeri Malang I yang penulis teliti dalam pembahasan skripsi ini bahwa proses internalisasi yang diajarkan MAN I kepada para siswa sangat beragam, tidak hanya melalui pelajaran formal didalam kelas akan tetapi pembinaan yang bersifat non formal.
Hal ini ditunjukkan dengan beragam kegiatan keagamaan setiap harinya dari awal masuk sampai pulang sekolah yaitu program pembacaan ayat suci Al Qur’an, program ibadah sholat, program khitobah bahasa arab dan inggris, dan program menyambut hari- hari besar Islam. Kegiatan ini dilakukan madrasah untuk membentuk akhlak karimah siswa dan selalu menjalankan perintah-perintah agama dimanapun mereka berada. Oleh karena itu pembinaan melalui pembiasaan yang dilakuka secara terus-menerus oleh Madrasah Aliyah Negeri Malang I ini diharapkan menjadi Filter dalam pergaulan mereka setiap hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Intenalisasi; nilai-nilai Islam; Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:45 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45972 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |