Aliyah, A’immatul (2009) Upaya Kepala Madrasah dalam penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Aliyah NU Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110119.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (558kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai upaya kepala madrasah dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan yang meliputi upaya kepala madrasah dalam proses perencanaan kurikulum, upaya kepala madrasah dalam proses pengorganisasian kurikulum, upaya kepala madrasah dalam proses penggerakan kurikulum, upaya kepala madrasah dalam proses pengendalian kurikulum.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasannya upaya pertama kepala madrasah dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran PAI di MA NU Sidoarjo yang dimulai dari proses perencanaan kurikulum yang meliputi membuat ide-ide perencanaan, melibatkan semua elemen sekolah mulai dari guru bidang studi, staf, dewan sekolah, kemudian melakukan identifikasi terhadap berbagai faktor pendukung dan penghambat. Upaya kedua ialah proses pengorganisasian kurikulum yang meliputi menentukan tugas-tugas setiap bagian, kemudian dilanjutkan dengan membagikan tugas-tugas tersebut kepada pihak-pihak yang telah ditentukan. Upaya ketiga ialah proses penggerakan kurikulum yang dimulai dari mempengaruhi setiap bagian di sekitarnya, kemudian selanjutnya ialah menggerakkan setiap bagian-bagian tersebut sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Upaya keempat ialah proses pengendalian kurikulum yang dimulai dari melihat dan memantau proses pelaksanaan yang sedang berjalan, kemudian langkah selanjutnya ialah menilai dan melaporkan hasil yang telah dilaksanakan.
Adapun upaya-upaya yang dilakukan kepala MA NU Sidoarjo tersebut merupakan cara supaya proses pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di MA NU Sidoarjo mampu berjalan dengan baik. Kalaupun masih ada alternative lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Madrasah; KTSP | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45965 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |