Likumaisah, Bibis (2011) Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam peningkatan kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran Bahasa Jawa di Kelas III Min Kauman Utara Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140091.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tidak semua masyarakat Jawa mampu bertutur kata dalam bahasa jawa dengan baik dan benar. Bagi sebagian siswa sekolah dasar bahasa Jawa merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit. Terutama materi yang membutuhkan keterampilan membaca dan menulis. Permasalahan tersebut juga menimpa sebagian besar siswa-siswi kelas III MIN Kauman Utara Jombang. Mata pelajaran Bahasa Jawa menawarkan banyak ragam model dan metode pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Model pembelajaran CIRC merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadi alternative untuk mengatasi permasalahan di atas. Karena model pembelajaran CIRC merupakan model pembelajaran yang memperkenalkan teknik terbaru latihan kurikulum mengenai pengajaran praktis pelajaran membaca dan menulis. Pengembangan CIRC dihasilkan dari sebuah analisis masalah-masalah tradisional dalam pengajaran pelajaran membaca, menulis, dan seni berbahasa.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas III MIN Kauman Utara Jombang 2) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan membaca dan menulis yang dicapai siswa kelas III MIN Kauman Utara Jombang setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang melibatkan data kualitatif dan data kuantitatif.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Peneliti juga menyertakan tabel sebagai pendukung dan pelengkap uraian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas III MIN Kauman Utara Jombang. Bukti secara kualitatif dapat diketahui dari suasana kelas yang menjadi lebih aktif,
tumbuhnya keberanian dan rasa percaya diri siswa, serta tumbuhnya semangat kerjasama dengan kelompoknya. Sebagian besar tanggapan siswa juga menyatakan senang dengan diterapkannya metode tersebut. Sedangkan bukti secara kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya hingga mencapai standar kelulusan minimal yang ditetapkan baik secara individual maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis mulai dari pre tes dengan rata-rata nilai membaca 66,6 dan menulis 38,7, kemudian pada siklus I rata-rata nilai membaca dan menulis mengalami peningkatan menjadi 76,1. Dan pada siklus II rata-rata nilai membaca dan menulis siswa 77,7. dari data tersebut telah mencapai standar minimal ketuntasan sebesar 70, sehingga dapat dikatakan dalam satu kelas mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca dan menulis.
ABSTRACT
Not all Java people can speak Java language properly and correctly. For some elementary school students, the Java language is a subject that is considered difficult. Especially materials that require reading and writing skills. This problem also happened to most of the students of class III in MIN North Kauman Jombang. Subjects Java language offers many different models and learning methods that can help improve students' reading and writing. CIRC learning model is one model of learning as an alternative to overcome the above problems. Because the learning model is a model of learning CIRC introduce the latest techniques of practical training curriculum on teaching reading and writing lessons. CIRC development resulted from an analysis of traditional issues in teaching reading, writing, and language arts.
The purpose of this study are: 1) describe the process of implementation of the Integrated Cooperative learning models Reading And Composition (CIRC) to increase students' ability to read and write class III in MIN North Kauman Jombang 2) describes the process of improving reading and writing skills of students who achieved grade III in MIN North Kauman Jombang after the implementation of Cooperative Integrated Reading learning models And Composition (CIRC). To achieve these objectives, research design used a class action involving quantitative and qualitative data.
Research by the author is a class research with a qualitative approach. In collecting data, researchers use several methods: the method of observation, documentation methods, and interview method. As for analysis, researchers used a qualitative descriptive analysis of the overall portrayal of the real situation. Researchers have also included a table as a support and complement the description of data.
The results showed that the application of learning models And Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) to increase students' ability to read and write class III in MIN North Kauman Jombang. Qualitative evidence can be known from the classroom to become more active, growing boldness and confidence of students, and the growing spirit of cooperation with the group. Most of the responses of students also stated pleased with the implementation of the method. While the quantitative evidence can be seen from test results that have increased student
learning in each cycle until it reaches the minimum graduation standards set both individually and in the classical style. This is evident by an increase in the ability to read and write from the pre test with an average value of read and write 38.7 66.6, then the cycle I mean the value of reading and writing increased to 76.1. And the second cycle of the average value of 77.7 students to read and write. of the data has reached a minimum standard of completeness is 70, so it can be said in one class had an increased ability to read and write.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | CIRC; Membaca; Menulis; Bahasa Jawa; CIRC; Reading; Writing; Language Java | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45964 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |