Peranan perpustakaan sekolah terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri i Singosari Malang

Iflaha, Jiranil (2008) Peranan perpustakaan sekolah terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri i Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (703kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, perpustakaan sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Namun kenyataannya, dalam prosesnya di dunia pendidikan belum bisa mengarahkan peran perpustakaan yang sebenarnya sehingga, hasil belajar siswa yang efektif sulit tercapai.

Penelitian ini terfokus pada (1) bagaimana sistem administrasi perpustakaan di SMP Negeri I Singosari Malang, (2) bagaimana respon siswa dalam memanfaatkan layanan perpustakaan di SMP Negeri I Singosari Malang, (3)sejauh mana peranan perpustakaan yang ada di SMP Negeri I Singosari Malang Terhadap Pendidikan Agama Islam.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskreptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh meliputi sumber data pustaka yang diambil dari berbagai literatur yang berkaitan dengan data lapangan yang terdiri dari dokumen sekolah, profil sekolah, hasil wawancara dan hasil observasi yang dilakukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, administrasi perpustakaan SMP Negeri I Singosari Malang belum lemgkap karena kurangnya katalog dan koleksi-koleksi buku dan respon siswa dalam memanfaatkan perpustakaan itu cukup baik tetapi peranan perpustakaan sekolah terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Singosari Malang, kurang berperan hal ini bisa dilihat dari koleksi buku-buku yang ada di SMP Negeri I Singosari Malang, dimana koleksi buku Agama khususnya buku tentang Agama Islam yang ada di perpustakaan SMP Negeri I Singosari Malang kurang memadai (minim), meskipun siswa mempunyai buku paket sendiri tetapi buku penunjangnya masih minim, siswa merasa kurang puas.

Saran yang diberikan adalah bagi lembaga pendidikan dan pihak berwenang diharapkan dapat menerapkan peran perpustakaan. Dari hasil penelitian perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif sehingga dapat diperoleh pemahaman yang mendalam dan data yang lebih valid tentang peranan perpustakaan sekolah terhadap Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Usman, Muchlis
Keywords: Peranan Perpustakaan Sekolah; PAI
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:22
Last Modified: 25 Aug 2016 02:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4596

Actions (login required)

View Item View Item