Rofiqo, Damayanti (2011) Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada Siswa Kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07410023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan CTL menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung serta mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Penulis menggunakan pendekatan CTL dalam penelitian ini karena materi-materi ilmu pengetahuan sosial membahas tentang hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan sekitar, dan mhubungan sosial manusia.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode antara lain observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran IPS yang sekaligus menjadi wali kelas dan siswa-siswi kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, maka penerapan pendekatan CTL mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, pendekatan CTL sangat sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu tentang kegiatan jual beli. Siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran, siswa aktif bertanya, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Sedangkan bukti yang lain adalah pernyataan siswa yang menyatakan senang terhadap pendekatan CTL yang diterapkan dalam pembelajaran, sehingga kelas lebih hidup.
ABSTRACT
CTL approach requires students to be active in the learning process that takes place as well as the link between what is taught with real-world situations students and encourage students to make connections between the knowledge possessed by the application in everyday life. The author uses the CTL approach in this study because the materials of social science to discuss about human relationships with human, human with the environment, human and social relationship.
The target of this study were: (1) Describe the planning of learning in using the approach CTL (Contextual Teaching Learning) in the IPS learning to enhance students’ motivation Class III B in MI Islamiyah Sukun Malang. (2) Describe the implementation of learning approaches CTL (Contextual Teaching Learning) in the IPS learning to enhance students’ motivation class III B in MI Islamiyah Sukun Malang. (3) Describe the evaluation of learning using the approach to CTL (Contextual Teaching Learning) in the IPS learning to enhance students' motivation class III B in MI Islamiyah Sukun Malang.
Research by the author are included in classaction research with a qualitative approach. The researchers used several data collection methods include observation, interviews, tests, and documentation. The respondents are teacher of subject IPS who becomes guardian class and the students of class III B in MI Islamiyah Sukun Malang. Meanwhile, to analyze the author uses descriptive qualitative analysis of the data in the form of written or verbal from the observed behavior of people and so in this case the author seeks to undertake research which describes the overall nature of the real situation.
Based on observations, interviews, and documentation, then the application of the CTL approach can increase students' motivation, CTL approach is in accordance with the material being taught is about the trading activities. Students are active and enthusiastic in following lessons, students active asks, students can improve learning results. Meanwhile, other evidence is a statement of students who declare glad to CTL approach applied in learning, so that the class more lively.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | CTL; Motivasi Belajar; CTL; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:55 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45952 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |