Pendidikan anak dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits: Studi kritis konsep pendidikan anak menurut Imam Al-Ghazali

Hidayat, Maulud (2008) Pendidikan anak dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits: Studi kritis konsep pendidikan anak menurut Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus dijaga, dididik, diarahkan, dibimbing, dilindungi, disayangi, dan dikasihi, supaya mereka kelak menjadi manusia yang benar-benar takut kepada Allah SWT, taat kepada agama Allah (Islam), berbakti kepada kedua orang tua. Disamping itu Islam juga memandang, anak merupakan aset yang sangat berharga bagi orang tua untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat, karena anaklah yang akan mengangkat dan menjatuhkan derajat, martabat, dan nama baik orang tua dihadapan Allah SWT dan dimata manusia yang lain. Maka benar, ketika tokoh Islam kita yaitu Al-Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa anak bagaikan permata yang sangat indah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, bahwa “anak yang baru lahir diibaratkan sebuah kertas putih yang masih bersih, suci, berpotensi, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia Yahudi, Nasrani, atau Majusi” (H.R.’Abdul Bar). Dengan Fitrah ataupun potensi yang dibawa sejak lahir, maka banyak tokoh Islam yang mengatakan bahwa pada masa-masa inilah merupakan masa yang sangat tepat untuk membentuk kepribadian (mentransfer nilai-nilai Islam) bagi seorang anak. Orang tua merupakan sumber utama dan suri tauladan / contoh dalam pembentukan kepribadian seorang anak. Oleh sebab itu pendidikan yang baik merupakan pondasi utama menuju kepribadian yang utama.

Konsep-konsep keislaman di atas mengkaji pokok-pokok persoalan yang menyangkut diri kita semua. Apa yang diungkapkannya mempunyai nilai-nilai luhur yang berkenaan diri kita, suatu persoalan yang sangat penting yaitu tentang hubungan orang tua dengan anak, hubungan anak dengan masyarakat, hubungan anak dengan teman sebayanya, yang merupakan tujuan dalam proses pendidikan. Menurut Mansur, permasalahan yang terjadi adalah banyaknya pendidik (orang tua, guru) yang lalai akan tugasnya sebagai seorang pendidik sehingga banyak manusia yang lalai kepada Allah SWT.

Dari latar belakang diatas, maka penulis mengangkat sebuah judul “Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits (Studi Kritis Konsep Pendidikan Anak Menurut Imam Al-Ghazali)”. Dengan jenis penelitian Kualitatif adalah kepustakaan murni (Library Research) artinya mencari konsep-konsep pendidikan anak dalam Islam yang ada dalam buku dan kitab).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam perspektif Islam yang meliputi: pengertian pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, asas-asas pendidikan Islam, aspek-aspek pendidikan Islam, serta konsep pendidikan anak menurut Imam Al-Ghazali.

Analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu, sebuah metode analisis kritis terhadap data yang diperoleh, karena menurut Winarno Surahmat, deskriptif adalah usaha untuk mengumpulkan data dan menyusunnya, kemudian dilakukan analisis terhadap data tersebut. Dan juga menggunakan metode Komparasi, yaitu mengumpulkan konsep-konsep pendidikan serta membandingkan dengan konsep-konsep yang lain dalam hal ini adalah Al-Imam Al-Ghazali.

Dari penjelasan di atas, maka hasil penelitian menunjukkan, bahwa konsep pendidikan anak dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits memiliki dua unsur yaitu: 1) unsur Fitrah (bersih, suci, dan berpotensi) atau nativisme, yang dibawa anak sejak lahir, dan 2) unsur lingkungan (orang tua, guru, teman, dan masyarakat) atau empirisme. Yang menjadi faktor terpenting dalam membentuk kepribadian yang agamis. Kesimpulannya adalah unsur-unsur pendidikan antara lain: Sipendidik, siterdidik, materi, tujuan, dan metode (alat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujab, M.
Keywords: Konsep Anak dalam Islam; Tahapan Mendidik Anak; Konsep Pendidikan Anak Menurut Imam Al-Ghazali
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:22
Last Modified: 25 Aug 2016 02:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4595

Actions (login required)

View Item View Item