Athiyyatillah, Athiyyatillah (2009) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Ibadah Shalat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110110.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sholat merupakan syi’ar atau ibadah yang vital dan utama dalam Islam. Keberadaannya memiliki posisi yang sangat penting dan tidak dapat ditandingi dengan berbagai ibadah lain, baik mahdhah maupun lainnya. Kualitas dan intensitas amal saleh dan ibadah seseorang menjadi kurang bermakna jika ibadah shalatnya tidak sempurna apalagi terabaikan sama sekali. Sebagai agama yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan dan pengajaran, Islam sangat memperhatikan perbaikan dan pembinaan diri dan pribadi pemeluknya, setiap bentuk syari’at ibadah di dalamnya selalu bertujuan mendidik dan memperbaiki diri hambanya. Setiap kewajiban yang telah dibebankan Islam kepada umatnya senantiasa memuat hikmah dan maslahat bagi mereka. Begitu pula dalam perintah shalat. Shalat mengandung nilai edukatif yang sangat mendukung terhadap proses pembentukan kesalihan kepribadian. Hanya saja sebagian mukallaf yang berkewajiban melaksanakannya kurang memahami makna pendidikan dalam pelksanaaan ibadah shalatnya, sehingga kerap kali ibadah shalat terabaikan atau bahkan tidak dilaksanakan sama sekali.
Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti berusaha mengkaji tentang “Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Ibadah Shalat” yang meliputi gerakan serta bacaaan-bacaan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan ibadah Shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ibadah shalat yang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi lima kali dalam sehari , sehingga dapat menjadi motifasi bagi setiap mukallaf untuk istiqomah menjalankan kewajibannya tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode research kepustakaan (library research), yaitu mengadakan study secara teliti literatur-literatur yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dalam hal ini adalah ibadah Shalat. Dalam riset ini data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Data yang terkumpul dan disusun kemudian baru dianalisis. Analisa ini berguna bagi penulis sebagai upaya penggalian lebih lanjut mengenai masalah ibadah Shalat dan nilai-nilai pendidikan yang ada di dalamnya, agar dapat diterapkan dalam proses pendidikan.
Dari hasil penelitian tersebut peneliti menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam ibadah Shalat meliputi dua bentuk nilai pendidikan, yaitu pendidikan jasmani dan pendidikan rohani. Adapun bentuk nilai-nilai pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Islam; Shalat | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:42 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45946 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |