Sholikha, Sulfa (2011) Implementasi Konsep Society Learning melalui metode karya wisata dan Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV A Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Society learning atau masyarakat belajar diartikan sebagai suatu konsep masyarakat yang selalu melakukan aktivitas belajar tanpa memperdulikan batas umur. Intinya masyarakat belajar adalah masyarakat yang selalu sadar akan kebutuhan belajar untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuannya dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Demikian juga dengan konsep belajar di sekolah, kegiatan belajar juga seharusnya menerapkan konsep belajar society learning ini. Namun demikian, selama ini belajar seakan diasumsikan tidak akan terjadi kecuali di sekolah atau di kelas. Selain itu, pendidikan lebih banyak dipandang sebagai sesuatu yang terpisah dengan kehidupan empiris di masyarakat karena cenderung lebih mengedepankan teori dan kurang menyentuh pada dunia empiris dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya.
Pola belajar yang mengedepankan teori tersebut bisa saja memberikan literatur yang tidak utuh terhadap pemahaman siswa yang bisa juga berimplikasi terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada dasarnya, pendidikan merupakan bagian integral dengan masyarakat sekitarnya. Jika pendidikan mengharuskan keseimbangan antara teori dan praktek, maka seharusnya masyarakat adalah laboratorium sesungguhnya bagi pendidikan itu.
Berangkat dari pemikiran tersebut, penelitian ini dilakukan dari adanya pemasalahan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo terkait rendahnya hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV A yang diajarnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana cara meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo Malang tersebut dengan menerapkan konsep Society Learning melalui metode karya wisata dan resitasi yang meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasinya.
Adapun penerapan konsep masyarakat belajar dalam peneletian ini dilakukan dengan cara karya wisata atau kunjungan ke masyarakat dan menggunakan orang/ masyarakat sebagai narasumber. Perencanaanya dimulai dari menyiapkan skenario pembelajaran, mengembangan materi ajar dan tugas resitasi, menentukan media pembelajaran dan mengembangkan instrumen evaluasi belajar. Sedangkan untuk evaluasinya, secara teknis menggunakan penilaian unjuk kerja, penilaian sikap dan tes tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi konsep society learning melalui metode karya wisata dan resitasi diketahui dapat meningkatkan hasil belajar mapel Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyyah Sunan kalijogo Malang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar penerapan konsep society learning melalui metode karya wisata dan resitasi ini dapat menjadi salah satu pedoman atau acuan dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah. Khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar.
ABSTRACT
Society learning or learning community is defined as a community concept that always perform learning activities regardless of the age limit. The point is learning society is a society that is always aware of the need to learn to improve the knowledge, skills and capabilities anywhere, anytime and by anyone. Likewise, the concept of learning in school, learning activities should also learn to apply the concept of learning society. However, during this study as if it is assumed will not occur unless at school or in class. In addition, more education is seen as something separate from the empirical life in the community because it tends to put forward the theory and empirical world less touched on in the life of a real society.
The pattern of learning that put forward the theory can only provide incomplete literature on student understanding that could also have implications on student learning outcomes. Meanwhile, in essence, education is integral with the surrounding community. If education requires a balance between theory and practice, then it should be public is the real laboratory for education. Departing from this in mind, this study of the problems faced by the subject teachers of Social Sciences Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo low learning outcomes related to the subjects of Social Sciences in grade IV A student who was teaching. Therefore, this research aims to reveal how to improve learning outcomes of subjects of Social Sciences student in grade IV A Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo Malang by applying the concept of Learning Society through study tours and recitation methods of work which includes planning, implementation and evaluation.
The application of the concept of learning society in this research was done by field trips or visits to the community and use the people / community as a resource. The planning starts from preparing the learning scenarios, developing teaching materials and recitation task, determines instructional media and develop evaluation instruments to learn. As for evaluation, the technical use of performance appraisal, assessment of attitudes and a written test. The results of this study indicate that the implementation of the concept of learning society through study tours and recitation methods known to improve learning outcomes subject Social Sciences students in grade IV A Madrasah
Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo Malang. Therefore, the researchers suggested that the application of the concept of learning society through study tours and recitation methods can be one of the guidelines or guidance in learning activities at the school of Social Sciences. Especially at the level of Government Elementary School or Elementary School.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peningkatan hasil belajar; konsep society learning melalui metode karya wisata dan resitasi; mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial; Improved learning outcomes; the concept of learning society through study tours and recitation method; the subjects of Social Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45941 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |