Sanjaya, Ida Hayu (2011) Implementasi media Komik untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Mi Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan pengamatan peneliti dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang, peneliti menemukan fakta permasalahan bahwa siswa mengalami kesulitan menemukan ide dalam menulis karangan, siswa belum mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat dan menyusunnya ke dalam karangan yang utuh, siswa juga masih kurang mampu menggunakan ejaan dan tanda baca. Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang ada di sekolah serta penyajian pembelajaran yang sebagian besar dilakukan guru dengan menggunakan ceramah. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu tindakan untuk memperbaiki permasalahan tersebut dengan menerapkan komik sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan perencanaan penggunaan media komik pada proses belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang (2) Mendeskripsikan pelaksanaan media komik pada proses belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang dan (3) mendeskripsikan hasil evaluasi penggunaan media komik pada proses belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang sebanyak 38 siswa. Pelaksanaan PTK ini sebanyak 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun data dari penelitian ini berupa skor hasil kemampuan menulis karangan siswa berdasarkan aspek kelengkapan struktur karangan, kepaduan paragraph, kesatuan paragraph, gaya bahasa, ejaan dan tanda baca. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subyektif menulis karangan berdasarkan gambar komik serta kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan gambar komik.
Kesimpulan penelitian yaitu bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Kemampuan siswa dalam menulis karangan dapat dilihat dari kenaikan rata-rata yang diperoleh.
Disarankan kepada kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya adalah: (1) Guru atau kepala sekolah dapat mengembangkan penerapan media komik pada pokok bahasa lain, (2) Pembuatan RPP yang lebih baik, pengelolaan kelas yang baik, disertai komponen pelengkap pembelajaran ini, (3) Bagi kepala sekolah, hendaknya membimbing dan mengarahkan guru dalam penggunaan media pembelajaran, (4) Penerapan media komik perlu dikembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi untuk memparbaiki kekurangan sehingga memperoleh hasil yang maksimal, (5) Dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam melakukan penelitian lebih lanjut dan sejenis dengan materi atau cakupan yang lebih luas.
ABSTRACT
Based on the observations of researchers in the Indonesian learning process for grade III student of MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang, researchers found the problem fact that the students are having trouble finding an idea in essay writing, students are not capable of stringing words into sentences and arrange them into a whole essay, students are also still less able to use spelling and punctuation. This was caused by the limited learning medium in school and most of the learning presentation made by teachers using speech. Therefore, it is necessary actions to correct these problems by applying the comics as a learning medium in enhancing students' capability to write narrative essay.
The purpose of this research are: (1) Describing the comic medium-use planning in the teaching-learning process in enhancing the capability of narrative essay writing for grade III student of MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang (2) Describing the implementation of the comics medium in the teaching-learning process in enhancing the capability of narrative essay writing for grade III student of MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang and (3) Describing the results of evaluation on the use of comics media in the teaching-learning process in enhancing the capability of narrative essay writing for grade III student of MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang.
This type of research is Classroom Action Research (CAR). Subjects were grade III student of MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang as many as 38 students. Implementation of this CAR as much as 2 cycles. Each action includes
planning, implementing action, observation, and reflection. The data from this research are the essay writing capability scores of students based on the completeness aspect of essay structure, paragraph cohesion, paragraph unity, language style, spelling and punctuation. The instrument used in this study are subjective test of essay writing based on the comic image and the ability of teachers in implementing the learning activities using comic image.
The conclusion is use of the comics medium can enhance students' capability to write narrative essay. Students' skills in writing essays can be seen from the average increase obtained.
Suggested to principals, teachers, and next researchers were: (1) Teacher or headmaster can develop the application of comics medium in the other languages basic, (2) Making a better lesson plans and good management of classroom, along with a complementary component of this learning ( 3) For the headmaster, should be guiding and directing teachers in the use of instructional media, (4) Application of comic media needs to be further developed and more variable for repair shortage so as to obtain maximum results,(5) Can be used as a consideration basis in further research and similar materials or a wider scope.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kemampuan; Menulis Karangan; Media Komik; Capability; Essay Writing; Comics Media | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45934 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |