Suyatin, Suyatin (2009) Upaya Guru Agama dalam peningkatan kedisiplinan Shalat Berjama’ah di sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110105.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (516kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan faktor yang dominan dan paling penting dalam pendidikan formal, apalagi guru agama sangat besar perannya dalam meningkatkan spiritual dan mental keagamaan yang ada pada diri siswa.dan seorang guru memiliki tanggung jawab yang besar. Karena seorang guru tidak semata-mata mentransfer ilmu saja, akan tetapi sebagai pendidik dan pembimbing.
Dalam konteks duniawi, shalat adalah media komunikasi antara makhluk dan sang kholiq, sebagai sarana untuk menggapai kemajuan spiritual. Shalat menjadi penyeimbang bagi sisi atau dimensi keduniawian setiap hamba. Karena seseorang bisa lebih dekat dengan Tuhan hanya dengan shalat.oleh karena itu, perlu diterapkan Kedisiplinan untuk pelatihan batin dan watak dengan maksud supaya segala perbuatannya selalu mentaati tata tertib / ketaatan pada aturan dan tata tertib. Kedisiplinan tidak hanya diterapkan dalam shalat jama’ah saja akan tetapi penting bagi kehidupan di sekolah tetapi juga penting bagi kehidupan di luar sekolah sebagai sebuah organisasi besar yang menyelenggarakan pendidikan.
Dari latar belakang masalah yang peneliti paparkan diatas,maka Skripsi ini yang berjudul “upaya guru agama dalam peningkatan kedisiplinan shalat berjama’ah disekolah sma muhammadiyah 2 sidoarjo”. dirumuskan sebagai berikut. a) latar belakang diadakannya shalat berjama'ah di sekolah, b) Upaya guru agama dalam mendisiplinkan kegiatan jama’ah disekolah. c) Hambatan dan solusi yang diberikan guru agama dalam menanggulangi permasalahan tersebut.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, adapun yang digunakan dalam pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya , penulis menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati dan menjelaskan karakteristik fenomena atau masalah yang ada.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa latar belakang diadakan shalat jama’ah disekolah di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo adalah untuk membiasakan diri untuk melaksanakan shalat jama’ah dan untuk mempraktekkan kurikulum dalam sekolah,maka upaya guru dalam mendisiplinkan dengan cara memotivasi, memberikan stimulus dan memberikan penghargaan yang berupa hadiah, adapun hambatannya adalah jumlah siswa yang tidak sebanding dengan jumlah guru agama dan keadaan lingkungan yang kurang mendukung. Sehingga solusinya adalah semua pihak sekolah harus bekerjasama dalam kegiatan tersebut dan memberikan fasilitas sebagai pendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masduki, Masduki | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Agama; kedisiplinan; Berjama’ah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45930 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |