Mutmainah, Laily (2011) Penerapan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Slide Show Presentation untuk meningkatkan panguasaan kosa kata Bahasa Inggris di Kelas IV (Putra) Mi Ar-Raudhoh Pasongsongan Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Multimedia presentasi yang biasa dikenal dengan slide show presentation merupakan sebuah penyampaian informasi interaktif dan terintegrasi menggunakan penggabungan antara teks, gambar, video atau animasi. Multimedia ini memiliki potensi untuk menciptakan suasana belajar multisensory yang mendukung cara belajar yang lebih menarik, menyenangkan dan bermakna dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang selama ini dilaksanakan secara konvensional dan monoton.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? dan (3) Bagaimana mengevaluasi pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV (Putra) MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut penulis mengadakan penelitian menggunakann desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian PTK ini termasuk dalam penelitian deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian kali ini mencakup: 1) perencanaan, (2) Implementasi, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Dari hasil analisis, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis multimedia menggunakan slide show presentation ini mampu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Siswa juga mengalami kemajuan dalam mengikuti penilaian dan siswa juga begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terbukti secara kuantitatif dari skor siswa yang diperoleh pada setiap pos-tes, yakni: nilai rata-rata kelas pra tindakan = 56,9 siklus I = 77,8 dan siklus II = 81,78. Bukti kualitatif dapat dijelaskan berdasarkan hasil pengamatan perilaku siswa pada saat kerja kelompok dan antusias mengikuti pembelajaran.
ABSTRACT
Multimedia presentations commonly known as a slide show presentation is an interactive and integrated delivery of information using the merger between text, image, video or animation. Multimedia has the potential to create an multisensory learning atmosphere that supports learning method more interesting, fun and meaningful in learning English so far adopted the conventional and monotonous.
Based on the above background, the problems that arise are: 1) How to plan the implementation of multimedia based learning using a slide show presentation to enhance mastery of English vocabulary in grade IV (Son), MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? (2) How is the implementation of multimedia based learning using a slide show presentation to enhance vocabulary mastery of English in grade IV (Son), MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep? and (3) How to evaluate multimedia based learning using a slide show presentation to enhance mastery of English vocabulary in grade IV (Son), MI Ar-Raudhoh Pasongsongan – Sumenep?
The purpose of this research is to find solutions to these problems the authors conducted research using classroom action research design (TOD). This TOD study was included in the descriptive study of qualitative data and quantitative data. The sequence of this research include: 1) planning, (2) Implementation, (3) observation and (4) reflection.
From the results, showed that the application of multimedia based learning using a slide show presentation was able to increase students' mastery of English vocabulary. Students also made progress in following the assessment and students are also very enthusiastic in participating in learning. This proved to be quantitatively obtained from students' scores at each test post, namely: the average value of acts pre-class = 56.9 cycle I = 77.8 and cycle II = 81.78. Qualitative evidence can be explained by observation of student behavior during group work and enthusiastic about taking lessons.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multimedia; Slide Show Presentation; Bahasa Inggris; kosakata Bahasa Inggris; Multimedia; Slide Show Presentation; English; English vocabulary | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45928 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |