Saniatul M, Binti (2011) Implementasi metode demonstrasi dan Resitasi melalui pendekatan Pakem Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut Siswa Kelas IV B Min Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode demonstrasi adalah teknik penyajian bahan pelajaran yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu. resitasi adalah pemberian tugas kepada siswa untuk merangsang siswa aktif belajar secara individu maupun kelompok. PAKEM Islami adalah pendekatan pembelajaran menuntut siswa harus bekerja secara aktif mempraktekkan pembelajaran dengan menggunakan benda- benda kongkret yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Siswa kreatif, menghasilkan karya dan menuangkan kreativitas. Efektif memperhatikan efisiensi waktu. Menyenangkan, tampil dengan semangat, antusias dan gembira, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif disertakan humor. Suasana Islami, maka mengucap salam, basmallah setiap memulai aktifitas apapun, dan mengucap astaghfirullah ketika melakukan kesalahan. Pembelajaran Matematika yang baik adalah sesuai dengan perkembangan anak didik sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Materi Matematika yang relative abstrak berbanding terbalik dengan karakter berfikir anak sekolah dasar yang kongrit berpengaruh terhadap Prestasi belajar Matematika yang rendah pada materi pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I, permasalahan ini mengharuskan guru bertanggung jawab membantu dalam hal belajar dan menyiapkan anak didik dengan berbagai potensi yang ada .
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: (a) Bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IVB MIN Malang I? (b) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I ? (c) Bagaimana penilaian pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I? Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: (a) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami. (b) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami. (c) Mendeskripsikan penilaian pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulkan data menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview, adapun yang menjadi responden adalah guru bidang studi Matematika kelas IV dan siswa kelas IV B MIN Malang I. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan, perilaku yang diamati dan analisis kuantitatif berupa data hasil tes yang telah dilakukan.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan signifikan dari siklus I sampai siklus II. pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami dapat meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IVB MIN Malang I. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
ABSTRACT
The method is the technique of presenting the material demonstration lesson that shows how the occurrence of something. recitation is the provision of dutyto students to encourage active student learning individually or in groups. PAKEM Islami is the approach to learning requires students to work actively practicing the learning by using concrete objects are easily available in the environment. Students are creative, produce work and creativity poured. Effective attention to efficiency in time. More, performing with passion, enthusiasm and joy, create a conducive learning atmosphere supplied with humor. Islamic atmosphere, then say hello, Basmallah every start any activity, and give astaghfirullah when making mistakes. Learning Math is a good fit with the development of their students in order to reach the desired destination. The relatively abstract mathematics is inversely proportional to the character of primary school children think that kongrit effect on learning achievement in Mathematics of low grade material angle measurement IV B MIN Malang I, this problem requires the teacher is responsible for assisting in learning and prepare students with a variety of the potential that exists.
Based on the above background, the problems that arise are: (a) How does the planning process of learning by demonstration and recitation methods PAKEM Islamic approach to improving student learning achievement of grade IV angle measurement B MIN Malang, I? (B) How does the implementation of the method of learning by demonstration and recitation through Islamic PAKEM approach to improving student learning achievement of grade IV angle measurement B MIN Malang, I? (C) How the assessment of learning with demonstration and recitation methods PAKEM Islamic approach to improving student learning achievement of grade IV angle measurement B MIN Malang, I? The goal to be known to the problem above are: (a) Describe the learning plan with the method of demonstration and recitation through Islamic PAKEM approach. (B) Describe the implementation method of learning by demonstration and recitation through Islamic PAKEM approach. (C) Describe the assessment of learning with demonstration and recitation methods PAKEM approach Islami.
Research is action research as much as 2 cycles. Each cycle consists of four stages: design, implementation, observation and reflection. In digged data using several methods, namely: the method of observation, methods of documentation and interview methods, while the respondents were teachers of Mathematics grade IV and students of grade IV B MIN Malang I. Meanwhile, for analyzing authors use qualitative analysis of the data written or oral, observed behavior and quantitative analysis of test data that has been done. From the analyst found that student achievement has increased significantly from cycle I to cycle II. learning by demonstration and recitation methods PAKEM Islamic approach can improve learning students achievement angle measurement class IVB MIN Malang I. This learning model can be used as an alternative learning Mathematics.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Demonstrasi; Resitasi; Pakem Islami; Prestasi Belajar; Matematika; Demonstrations Method; Recitation; Islamic PAKEM; Learning Achievement; Mathematics | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:39 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45926 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |