N.Q, Fifin Zunaida (2007) Kontribusi Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dalam mengembangkan kreativitas menulis siswa di MAN kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03110083.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (260kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kelompok Ilmiah Remaja merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kreatifitas menulis siswa. Di sisi lain kreatifitas menulis perlu di bangun sejak dini dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, sebab hal tersebut benar-benar akan dibutuhkan oleh para siswa ketika menghadapai kehidupan global nantinya, dimana kehidupan manusia sudah di hadapkan pada dunia ide dan gagasan, maka siapa yang kaya dan kreatif akan gagasan, maka dialah yang akan menjadi manusia yang mampu membawa dan mengendalikan perkembangan yang terjadi.
Kajian dan pembahasan Skripsi ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kontribusi kegiatan ekstra kurikuler KIR di MAN Kota Blitar 2) Untuk mengetahui strategi dan metode yang di gunakan dalam mengembangan kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN Kota Blitar, baik secara teoritis maupun empiris. 3). Untuk mengetahui pengembangan- pengembangan yang di lakukan oleh MAN Kota blitar dalam meningkatkan prertasi menulis para siswa.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif, dimana data-data yang telah dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas, sesuai dengan proses yang terjadi dilapangan. Selain itu, penelitian metode kualitatif dengan jenis studi kasus ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, 1) Wawancara atau interview, 2) Observasi, serta 3) Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN Kota Blitar memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kreatifitas menulis siswa, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui berbagai cara dan strategi yang memungkinkan dan mampu menjawab kebutuhan para siswanya, sedangkan metode dan strategi yang digunakan dalam kegiatan ini lebih menekankan pada pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna serta luwes, sehingga proses pembelajaran tidak hanya dilakukan di kelas atau sekolah tapi juga di luar sekolah melalui kegiatan out bond.
Kesimpulannya adalah bahwa kontribusi kegiatan ekstra kurikuler di MAN Kota Blitar benar-benar berarti bagi para siswa dalam meningkatkan kreatifitas menulis, pengembangan yang dilakukan selalu mengedepankan pada adanya perubahan dan kebutuhan yang terjadi dan metode serta strategi yang digunakan dalam kegiatan tersebut lebih mengedepankan pada kegiatan yang menyenangkan dan bermakna bagi para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kontribusi; KIR dan Kreatifitas | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45902 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |