Rahmawati, Eka Yuliana (2009) Aplikasi Metode Demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pandean Kota Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
| ![[img]](http://etheses.uin-malang.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Fulltext) 05110099.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (657kB) | Request a copy | 
Abstract
ABSTRAK
Fokus Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan ”Aplikasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam ”. Salah satu cara agar tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar. Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya monoton seperti ceramah, dan hal tersebut kurang efektif dalam mengaktifkan siswa ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hal yang lebih penting lagi adalah siswa kurang bergairah, merasa tertekan terhadap pembelajaran, dan kurang bisa memahami penjelasan yang telah disampaikan oleh bapak ibu guru. Sedangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah atau di madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan yang kurang menyenangkan. Seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang Agama Islam.” Metode demonstrasi merupakan salah satu metode mengajar yang tidak pernah lepas pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi- materi yang berkenaan dengan ibadah seperti sholat, wudhu, tayamum, haji dan akhlak. Dimana penerapan metode demonstrasi ini melibatkan antara pendidik (guru) dan siswa serta bertujuan untuk meningkatkan kualitas intelektual peserta didik baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Aplikasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi PAI di SDN 01 Pandean kota Madiun.
Untuk mendapatkan kepastian maka diambil rumusan masalah bagaimana aplikasi metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pandean Madiun, bagaimana pemahaman siswa pada bidang studi PAI setelah diterapkannya metode demonstrasi di SDN 01 Pandean kota Madiun, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pandean Kota Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang aplikasi metode demonstrasi dalam Pembelajaran PAI, untuk mendeskripsikan tentang pemahaman siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi di SDN 01 Pandean kota Madiun dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pandean Kota Madiun
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru, kepala sekolah, dan para siswa di SDN 01 Pandean kota Madiun dengan interview dan mencari data dengan meminta dokumentasinya.
Akhir dari penelitian ini, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa:
1.   Aplikasi metode demonstrasi pada bidang studi PAI di SDN 01 Pandean kota Madiun  berjalan  sangat efektif  karena siswa diajak  mengalami  atau terlibat secara  langsung  dan  aktif  dilingkungan  belajarnya.  Dari  situ  peserta  didik diberi kesempatan yang luas bagi siswa untuk mengekspresikan diri akan membangun  pemahaman  pengetahuan  dengan cara mendengar,  melihat,  dan melakukan serta melibatkan lebih banyak indera yang dimilikinya. Adapun langkah dalam aplikasi metode demonstrasi adalah sebagai berikut:
a.   Menyebutkan  tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa dan juga tugas- tugas yang harus dilakukan oleh siswa
b.   Menjelaskan  materi  sejelas-jelasnya  terlebih  dahulu  mengenai  landasan
teori sebelum melaksanakan demonstrasi
c.   Memberi  kesempatan  kepada  siswa  untuk  bertanya  bagi  yang  belum paham.
d.   Menyuruh  siswa  untuk  mempraktekkan  satu persatu  di depan  guru dan teman-temannya dan jika masih ada yang belum benar, guru langsung membetulkannya
e.   Guru  juga  dapat  membentuk  atau  membagi  siswa  menjadi  beberapa
kelompok agar dapat dibandingkan dengan kelompok yang telah dibentuk oleh guru tadi sehingga memudahkan dalam penilaian setelah diterapkan metode demonstrasi.
2.   Pemahaman  siswa  pada  bidang  Studi  Pendidikan  Agama  Islam  setelah
diterapkannya  metode demonstrasi di SDN Pandean kota Madiun adalah sangat  baik  dan  sangat  meningkat.  yang  ditandai  dengan  kemampuan siswa untuk mencerna secara cermat dan tepat dalam memahami dan melaksanakan  materi  ibadah  yang  disampaikan  oleh  bapak  ibu  guru. Indikasi tingkat kepahaman siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode demonstrasi dapat diukur dengan:
a.   Siswa bisa menangkap materi yang telah disampaikan oleh bapak ibu guru
b.   Siswa  sudah  bisa  melafalkan  niat,  bacaan-bacaan,  bisa  melafalkan
dengan   benar  serta  bisa  melaksanakan   atau  mempraktekkan   tata caranya dengan baik dan benar sesuai urutan.
3.   Faktor-faktor     pendukung     dan     penghambat     pelaksanaan     metode
demonstrasi untuk meningkatkan  pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar  Pendidikan  Agama  Islam  dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor. Faktor  itu  bisa  berasal  dari  siswa,  guru,  maupun  yang  lain.  Faktor pendukung;  Sedangkan  faktor  pendukung  itu  diantaranya,  kedisiplinan guru datang tepat waktu, tersedianya media di sekolah, kemampuan guru dalam  menguasai  dan  menyampaikan  materi  kepada  siswa.  Sedangkan untuk  faktor  penghambat;  keterbatasan  sarana  prasarana,  keterbatasan waktu, kondisi psikologis siswa, dan faktor lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
| Contributors: | 
 | ||||||
| Keywords: | Metode Demonstrasi; Pemahaman; Pendidikan Agama Islam | ||||||
| Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
| Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
| Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
| Last Modified: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
| URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45896 | 
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
|  | View Item | 
