Afif, Muhammad Sulthon (2011) Penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning untuk meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada mata pelajaran Matematika kelas VA MI Islamiyah Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07140014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran dan pengajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai individu, anggota (keluarga, masyarakat dan bangsa). Dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih realistis, lebih aktual, lebih menyenangkan, dan lebih bermakna.
Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Bagaimanakah proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning untuk meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas VA MI Islamiyah Sukun Malang? (2) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning untuk meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas VA MIIslamiyah Sukun Malang? (3) Bagaimanakah penilaian proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning untuk meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas V A MI Islamiyah Sukun Malang?
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview, adapun yang menjadi responden adalah Kepala Madrasah, guru Matematika kelas V A dan siswa kelas V A di MI Islamiyah Sukun Malang. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data hasil tes yang telah dilakukan, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas V A MI Islamiyah Sukun Malang. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas V A MI Islamiyah Sukun Malang.(3) Penilaian proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas V A MI Islamiyah Sukun Malang.
ABSTRACT
Contextual Teaching and Learning (CTL) is an approach to learning and teaching that links between what is taught with real-world situations students and encourage students to make connections between the knowledge possessed by its application in their lives as individuals, members (family, community and nation). With the approach Contextual Teaching and Learning (CTL), teaching and learning process will be more concrete, more realistic, more actual, more fun and more meaningful.
The formulation of research problems are: (1) What is the process of planning learning by using Contextual Teaching Learning approach to improve learning achievement at grade students Build Space VA in MI Islamiyah Sukun Malang? (2) How is the implementation process of learning by using Contextual Teaching Learning approach to improve learning achievement at grade students Build Space VA in MI Islamiyah Sukun Malang? (3) How the assessment process and learning outcomes with the use of Contextual Teaching Learning approach to improve learning achievement at grade students Build Space VA in MI Islamiyah Sukun Malang?
Research by the author are included in qualitative research, this type of research is a classroom action research (PTK). In collecting data, the authors used several methods: the method of observation, methods of documentation and interview methods, as for the respondents is the Head of Madrasah, VA grade Math teacher and student classes in MI Islamiyah VA Sukun Malang. Meanwhile, to analyze the author uses descriptive qualitative analysis of the data in the form of written or oral of people and behaviors that are observed data and test results that have been done, so in this case the author seeks to undertake research which describes the overall nature of the real situation.
The results showed that: (1) The planning process of learning by using Contextual Teaching Learning approach can improve learning achievement at grade students Build Space VA MI Islamiyah Sukun Malang. (2) The process of learning by using Contextual Teaching Learning approach can improve learning achievement at grade students Build Space VA MI Islamiyah Sukun Malang. (3) Assessment process and learning outcomes with the use of Contextual Teaching Learning approach can improve learning achievement at grade students Build Space VA in MI Islamiyah Sukun Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Contextual Teaching Learning; Prestasi Belajar; Bangun Ruang; Contextual Teaching Learning; Learning Achievement; Build Space | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:39 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 11:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45893 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |