Falach, Alifya Nurul (2011) Implementasi Strategi bersaing dalam menarik minat Nasabah: Studi pada Bank Rakyat Indonesia Syariah cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510125.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (864kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mengamati perkembangan perbankan syariah yang terus meningkat, maka persaingan usaha kedepan akan semakin ketat. Oleh karena itu strategi pengembangan daya saing bank syariah merupakan hal yang menarik untuk diperhatikan, karena setiap perusahaan yang bersaing dalam suatu industri mempunyai strategi bersaing secara eksplisit atau implisit untuk dapat mencapai tujuannya, Implementasi strategi akan memberikan hasil yang diharapkan jika organisasi bisnis yang melakukan mampu menciptakan keunggulan bersaing disemua sisi dan saling terkait mulai dari mendesain produk, membuat memasarkan atau mendistribusikan, hingga pada faktor-faktor pendukungnya. Hal ini mengisyaratkan semua sumber daya organisasi harus berperan aktif di dalamnya. Implementasi strategi inilah yang menjadi tema sentral penelitian, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi bersaing yang diterapkan Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Malang dalam menarik minat nasabah berserta implikasinya
Jenis penelitian kualitatif ini adalah deskriptif, yang selanjutnya disebut penelitian deskriptif kualitatif, artinya bahwa penelitian ini bermaksud melakukan penyelidikan dengan menggambarkan/ melukiskan keadaan obyek/ subyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengembangan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data dan sumber.
Hasil penelitian yang diterapkan BRI Syariah Cabang Malang adalah strategi Fokus biaya melalui fasilitas serba murah pada produk penghimpun dana dan focus diferensiasi yaitu dengan strategi jemput bola atau gerebek pasar. Produk unggulan BRI Syariah Cabang Malang adalah gadai, Implikasi dari strateginya adalah peningkatan asset, peningkatan dana pihak ketiga,dan bertambahnya kantor cabang pembantu dan kantor kas.
ABSTRACT
Observing the development of Islamic banking that continues to rise, then the next competition will be more stringent. Therefore, the development strategy of the competitiveness of Islamic banks is interesting to note, because every company that competes in an industry has a competitive strategy which is explicitly or implicitly able to achieve its objectives, implementation strategies will deliver the expected results if the organization is able to create a business that does competitive advantage in all the sides and interviewed from designing the product, make a market or distribute, to the supporting factors. This suggests all the resources of the organization must play an active role in it. Implementation strategy which is the central theme of research, purpose of this study is to determine the implementation of competitive strategy adopted Sharia Branch Bank Rakyat Indonesia the branch of Malang in attracting customers along with their implications.
This type of qualitative research is descriptive, then it is referred to as descriptive qualitative research, meaning that this study intends to investigate and to describe / describe the state of the object / subject of research at the present time based on the facts that appear or as they are. Data from this study are obtained by conducting interviews, observation and documentation. Development of data in this study is done by using triangulation of data and sources.
The results are applied to BRI Syariah, Branch of Malang is the focus of the strategy through the facilities of all inexpensive costs to the product collector of funds and focus of difference strategy that is to pick up the ball or the market busted. Sharia BRI's flagship product is a lien Malang Of Branch, Implications of the strategy is to increase assets, increased third-party funds, and increased sub- branches.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Bersaing; Competitive Strategy; Implementation | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:33 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45887 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |