Fauziyah, Ulul (2009) Pendidikan Islam dalam Perspektif Hasan Langgulung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110097.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (910kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan yang penting dalam kehidupan ini, semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia adalah merupakan proses pendidikan, dalam pembahasan ini akan lebih dispesifikkan pada pendidikan Islam, seperti kita ketahui sekarang ini kemerosotan moral terjadi di mana-mana, kalangan pelajar pun juga sepertinya sudah biasa melakukan tindakan-tindakan yang tidak bermoral seperti tawuran antar pelajar sampai pada terlibat dengan masalah narkoba. Hal ini sebenarnya sudah dapat diramalkan oleh para praktisi pendidikan, karena pendidikan yang ada pada saat ini lebih banyak menekankan para peserta didiknya pada kemampuan kognitifnya saja tanpa dibarengi dengan kemampuan dalam bidang afektifnya, maka di sini akan ditelaah kembali tentang pendidikan Islam, yang dalam hal ini nantinya akan diketahui sebenarnya Pendidikan Islam yang bagaimanakah yang setidaknya dapat membuat peserta didik kembali pada fithrahnya yakni sebagai khalifah di muka bumi ini. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Pendidikan Islam dalam Perspektif Hasan Langgulung.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pendidikan Islam yang dirumuskan oleh Hasan Langgulung.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis melakukan identifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet), ataupun informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penulisan untuk mencari hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan Content analisys atau analisis isi, yaitu analisis isi dalam penelitian dilakukan untuk mengungkapkan isi sebuah buku yang menggambarkan situasi penulis dan masyarakatnya pada waktu buku itu ditulis.
Hasil dari penelitian yang dilakuakn penulis dapat disampaikan di sini setelah menelaah pemikiran Hasan Langgulung mengenai aspek-aspek pendidikan didapati bahwa Hasan Langgulung memandang atau mengartikan pendidikan Islam sebagai suatu proses spiritual, akhlak, intelektual, dan sosial yang berusaha membimbing manusia dan memberinya nilai-nilai, prinsip-prinsip, dan teladan ideal dalam kehidupan yang bertujuan untuk mempersiapkannya untuk kehidupan dunia dan akhirat juga bertujuan mengembangkan seluruh aspek pribadinya dan memberinya segala pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berguna di samping mengembangkan keterampilan mengajar diri sendiri yang berkesinambungan tidak terbatas waktu dan tempat. Dalam pemikiran tentang pendidikan Hasan Langgulung termasuk pada aliran pendidikan humanistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Hasan Langgulung | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45886 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |