Perdanasari, Rima Puspita (2009) Penggunaan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa Tuna Grahita pada pengajaran Pendidikan Agama Islam dalam Wudhu dan Sholat di SMPLB Negeri Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110096.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (656kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan dari proses pendidikan sangat ditentukan oleh metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik. Metode bagi anak yang normal dan bagi anak yang berkelainan khusus jelas berbeda, karena kemampuan berfikir mereka sangat berbeda. Melalui penggunaan metode demonstari diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tuna grahita. sehingga materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dengan mudah diinternalisasikan dan dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Anak dengan kebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan mengalami kelainan (fisik, mental-intelektual, sosial, emosional) dalam proses perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan khusus. Ada bermacam-macam jenis anak dengan kebutuhan khusus, salah satunya yaitu tunagrahita. Tunagrahita adalah anak yang secara nyata mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental jauh di bawah rata-rata sedemikian rupa sehingga mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik, komunikasi maupun sosial, dan karenanya memerlukan layanan pendidikan khusus. Proses pembelajaran untuk anak tunagrahita harus dilakukan secara intensif karena mereka sangat memerlukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan mereka. Secara umum keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh beberapa komponen. Komponen tersebut dapat berasal dari guru, siswa, metode, sarana prasarana , kurikulum, dan lain-lain.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana dampak penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman berwudhu siswa tuna grahita kelas VIII di SMPLB Negeri Banyuwangi? Bagaimana dampak penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman sholat siswa tunagrahita kelas VIII di SMPLB Negeri Banyuwangi?
Penelitian ini dilakukan di SMPLB Negeri Banyuwangi. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) pengukuran tes hasil belajar; dan (3) dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada bidang studi PAI dapat meningkatkan pemahaman siswa tuna grahita kelas VIII di SMPLB Negeri Banyuwangi. Peningkatan ditandai dengan meningkatnya Kemampuan siswa untuk memahami secara cermat dan tepat suatu materi, Kemampuan siswa untuk menghafalkan bacaan-bacaan wudhu ataupun sholat, Kemampuan siswa untuk mempraktekkan gerakan-gerakan dalam wudhu dan sholat Dari hasil penelitian Di samping itu, data empiris juga menunjukkan peningkatan. hasil pre tes rata- rata sebesar 1,5. Meningkat menjadi 1,9 atau 26%. Dalam siklus II juga mengalami peningkatan pemahaman,dalam pre test rata- rata siswa sebesar 1,52.Meningkat menjadi 2,23 atau 46%. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru PAI, agar dalam penerapan metode demonstrasi benar-benar efektif, guru harus secara konsisten menerapkan metode demonstrasi, menggunakan media belajar, memberikan variasi berupa simulasi, stimulus berupa hadiah (reward), dan pemberian motivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan; Metode Demonstrasi; Tuna Grahita | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45881 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |