Rohman, Nur (2011) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning dengan Metode Inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA Siswa Kelas VB Mi Nurul Huda Mulyorejo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140010.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan CTL dengan Metode Inquiry sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa. Dalam kegiatan belajar siswa, guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa
Penelitian skripsi ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa asing sering dikenal Classroom Action Research (CAR) Jenis kolaboratif, yang di kembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu berupa suatu siklius spiral yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang di lakukan selama III siklus.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dengan metode Inquiry pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V-B MI Nurul-Huda Mulyorejo Malang. Dari data lembar observasi motivasi( IPA) pada siklus I menunjukkan bahwa jumlah nilai rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa yang semula dalam (pre test) sebesar 40% setelah di lakukan siklus I meningkat menjadi 65,8% . Pada siklus II menunjukkan bahwa jumlah nilai rata- rata peningkatan motivasi belajar siswa yang semula dalam siklus I sebesar 65,8% setelah di lakukan siklus II meningkat menjadi 76,3%. pada siklus III menunjukkan bahwa jumlah nilai peningkatan motivasi siswa dari siklus II sebesar 76,3 dan di siklus III meningkat menjadi 84,8%.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru Bidang Studi Ilmu Penegtahuan Alam (IPA), agar dalam penerapan pendekatan CTL dengan metode Inquiy benar-benar efektif, guru harus secara konsisten menerapkan metode Inquiry, menggunakan media belajar, berusaha untuk mengubah kebiasaan belajar siswa dengan memberi pengertian tentang metode Inquiry.
ABSTRACT
Inquiry CTL approach as an alternative method of learning science that takes students to learn in an atmosphere that is more comfortable and enjoyable. Students will be more free in discovering new experiences in learning, which is expected to grow a variety of student activities. In the learning activities of students, teachers act as an activator or mentors, while students act as receiver or guided. Learning outcomes expected to be more meaningful for students. The learning process took place naturally in the form of students' work and experience, not a transfer of knowledge from teacher to student.
This thesis research using the model of classroom action research (CAR) or in a foreign language is often known as Classroom Action Research (CAR) type of collaborative, developed by Kemmis and Mc Taggart in the form of a spiral siklius which includes planning, implementation, observation, action and reflection carried out during third cycle.
Based on research that has been done, it can be concluded that the application of the CTL approach Inquiry in Science subjects to enhance students' motivation VB class Mulyorejo-MI Nurul Huda Malang. From the data observation sheet motivation (IPA) in the first cycle shows that the total value of the average increase in student motivation which was originally in the (pre test) by 40% after the first cycle increased to 65.8%. In the second cycle shows that the total value of the average increase in student motivation which was originally on the first cycle of 65.8% after the second cycle was increased to 76.3%. in cycle III shows that the total value of increased motivation of students from second cycle and 76.3 in the third cycle increased to 84.8%.
From the results of this study, researchers gave some suggestions to consider, among other things: Penegtahuan teacher of Natural Science Field Studies (IPA), for the implementation of the CTL approach Inquiy truly effective, teachers must consistently apply the Inquiry method, using the media to learn, try to change the habits of students by providing an understanding of the methods of Inquiry.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan CTL; Inqury IPA; motivasi belajar; approach motivation; CTL; inqury; Natural Science Studies (IPA) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:39 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45879 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |