Rosyid, Abd. (2010) Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Sreseh Sampang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110195.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (958kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mangajar yang dapat dimuat pesan yang akan disampaikan kepada siswa, baik berupa alat, orang maupun bahan ajar. Dengan demikian dapat diketahuin bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan, baik pembelajaran agama maupun umum. Madrasah Aliyah (MA) AL Mas’udiyah merupakan salah satu Sekolah yang terletak di lingkungan Pondok Pesantren di madura. Yang mana dalam proses pembelajaran di sekolah tersebut tidak lepas dari penngunaan media, baik media sederhana seperti papan tulis, buku paket dan LKS. maupun media komplek (modern) seperti komputer dan laboratorium bahasa. Dengan demikian pemanfaatan media pembelajaran akan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para guru yang mengajar di sekolah ini terutama yang mengajar pendidikan agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini : Pertama, media apa saja yang di ajarkan oleh guru di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang . Kedua, Bagaimana media pembelajaran yang diajarkan oleh guru dapat memotivasi siswa di MA Al- Mas’udiyah Sreseh Sampang. Ketiga, Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang. Tujuan penelitian ini Pertama, Menjelaskankan media pembelajaran yang diajarkan guru di MA Al- Mas’udiyah Sreseh Sampang. Kedua, Mendeskripsikan tentang media pembelajaran, terkait fungsinya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang. Ketiga, Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang.
Penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penulis dalam penelitian ini akan mendapatkan data secara langsung terhadap obyek yang diteliti, yakni untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran dalam menigkatkan motivasi belajar siswa. Dalam menganalisis data penulis melalukan tiga langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian, yaitu: Pertama, Keberadaan media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah sebagian masih tergolong sedehana, namun dengan keterbatasan media yang ada mampu dimaksimalkan dengan pengelolaan yang baik dan ditunjang dengan metode yang sesuai. Kedua, pemanfaatan media pembelajaran di sekolah ini berjalan lancar, bahkan cukup optimal. Proses pemanfaatan media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah sudah berjalan dengan baik, sehingga diharapkan dapat menunjang tercapainya cita-cita pendidikan yang diharapkan. Ketiga, Faktor pendukung dalam pemanfaatan media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah, yaitu: tersedianya media pembelajaran, perhatian wali murid, kerja sama antara wali murid dengan guru, keteladanan dan perhatian para guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: kurangnya perhatian sebagaian wali murid, minimnya tenaga pengajar, sebagaian media yang ada masih tergolong sederhana dan terbatasnya fasilitas belajar.
ABSTRACT
Learning Media is one of the most important element in the learning process that can be loaded mangajar messages to be conveyed to students, either in the form of tools, people and teaching materials. Therefore, it can diketahuin that the use of instructional media in teaching and learning is necessary, both religious and general learning. Madrasah Aliyah (MA) AL Mas'udiyah is one school which is located in Boarding School in Madura. Which in the process of learning in school could not be separated from penngunaan media, both simple media such as blackboards, textbooks and worksheets. as well as complex media (modern) such as computer and language laboratories. Thus the utilization of instructional media will be one challenge for the teachers who teach in these schools, especially the teaching of Islamic religious education.
The formulation of the problem in this study: First, whatever the media taught by teachers in the MA Al-Mas'udiyah Sreseh Sampang. Second, How the learning media that are taught by teachers to motivate students in the MA Al-Mas'udiyah Sreseh Sampang. Third, what factors are its supporters and inhibiting the utilization of instructional media, in increasing students' motivation in the MA.
Al-Mas'udiyah Sreseh Sampang. The first objective of this study, instructional media Menjelaskankan teachers taught in the MA Al-Mas'udiyah Sreseh Sampang. Second, describe the instructional media, related to its function in enhancing students' motivation in the MA Al- Mas'udiyah Sreseh Sampang. Third, identify the factors supporting and inhibiting the use of instructional media in enhancing students' motivation in the MA Al-Mas'udiyah Sreseh Sampang. The authors collected data by conducting observations, interviews, and documentation. This study used a qualitative descriptive approach. The authors in this study will receive data directly to the object under study, namely to determine the utilization of instructional media in improving students' learning motivation. In analyzing the data the authors perform a three-step, data reduction, data presentation, and conclusion.
Conclusions obtained from the research, namely: First, the existence of instructional media in the MA Al-Mas'udiyah sedehana some still classified, but with the limitations of existing media can be maximized with proper management and supported by appropriate methods. Second, utilization of instructional media in schools is going well, even quite optimal. The process of utilization of instructional media in the MA Al-Mas'udiyah been running well, so it is expected to support the achievement of the ideals of education are expected. Third, the supporting factors in the utilization of instructional media in the MA Al-Mas'udiyah, namely: the availability of instructional media, the attention of parents, cooperation between the guardians of students with teachers, exemplary and caring teachers. While the inhibiting factors are: lack of attention in part guardians of students, lack of teachers, the used media is still relatively modest and limited learning facilities
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemanfaatan; Media pembelajaran; Motivasi Belajar; Utilization; Media Learning; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45878 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |