Firdaus, Afifatul (2011) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari hasil wawancara dengan guru Fiqih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang dan observasi pada saat pembelajaran Fiqih. Beliau mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran Fiqih kurang memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan nilai yang didapat setiap diadakan ulangan banyak yang mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah. Dilanjutkan dengan melakukan observasi pembelajaran, sehingga dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode konvensional. Dari observasi inilah terlihat bahwa siswa tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, mereka lebih mementingkan hal lain dari pada belajar dan ketika dilakukan pos tes dari 30 jumlah siswa keseluruhan yang dinyatakan tuntas hanya 5 siswa dan yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 25 siswa atau sebesar 83%.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Bandulan Malang?, 2) Bagaimanakah pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Bandulan Malang?, 3) Bagaimanakah penilaian metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Bandulan Malang?. Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut penulis mengadakan penelitian . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Adapun tahapan penelitian ini adalah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang. Terlihat adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa mulai dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar
53% dan pada siklus II sebesar 86%.
ABSTRACT
The background of this study is based on interviews with Fiqh teacher of fourth grade in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang and observations on subjects as Fiqh. He told that the students learning outcomes, especially in grade IV of Fiqh subjects are less than satisfactory, as shown by the value obtained for each refrain held, there are many students that scored below the minimum completeness criteria set by the school. Followed by learning observation, so that it can be seen that the teachers were using conventional methods in the learning process. From this observation shows that students do not pay attention to the lessons given by the teachers, they are more concerned about other things than studying. In addition, when do he post test, there are only 5 students who otherwise completed and 25 students or 83% are otherwise not completed yet.
Based on the above background, the problems are: 1) How do the demonstration method planning in improving student learning outcomes in grade IV Fiqh MI Miftahul Huda Bandulan Malang?, 2) How do the implementation demonstration method in improving student learning outcomes in grade IV Fiqh MI Miftahul Huda Bandulan Malang?, 3) How do the assessment method of demonstration in improving student learning outcomes in grade IV Fiqh MI Miftahul Huda Bandulan Malang?. To find solutions to these problems the writer conduct the research. This study uses qualitative approach. Research design is a class action research (PTK). In collecting data, the author uses several methods, namely: observation methods, documentation and interview methods. The stages of this research are: planning, execution, observation and reflection.
From the results of data analysis, it can be concluded that the implementation of demonstration methods can improve the students learning outcomes in grade IV Fiqh subjects at Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Malang Bandulan. It can be seen in the upgrading in mastery learning students ranging from the cycle I and cycle II. In the first cycle there are 53% students and on the second cycle 86% completed
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Demonstrasi; Hasil Belajar; Fiqih; Demonstration Method; Learning Outcomes; Fiqh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:18 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45877 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |