Ifa, Nurul Lahir Sari (2009) Pendidikan nilai dalam Pengembangan Pendidikan Islam: Studi analisis novel Laskar Pelangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110095.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya mutu Pendidikan Nasional disebabkan oleh kelemahan pendidikan dalam membekali kemampuan akademis kepada peserta didik. Lebih dari itu ada hal lain yang tidak kalah penting, yaitu kurangnya pendidikan nilai secara bermakna. Hingga sekarang, dunia pendidikan masih diwarnai perilaku siswa membolos, berkelahi atau tawuran, mencuri dan menganiaya, hingga mengkonsumsi minuman keras dan narkotika. Bahkan sudah ada gejala peredaran adegan porno yang diperankan oleh para pelajar. Fenomena ini tentunya tidak akan terjadi apabila orang tua dan lembaga pendidikan berhasil mengajarkan nilai- nilai yang berlaku di masyarakat.
Novel Laskar Pelangi merupakan salah satu novel yang isi pesannya mengandung unsur pendidikan nilai. Disinilah, penulis tergugah ingin meneliti dan menganalisis novel ini. Adapun judul penelitian ini adalah Pendidikan Nilai Dalam Pengembangan Pedidikan Islam (Studi Analisis Novel Laskar Pelangi). Sedangkan rumusan masalahnya yaitu nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, bagaimana metode pengajaran nilai yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi, nilai-nilai apa saja terkandung dalam novel Laskar Pelangi yang dapat dikembangkan dalam pendidikan Islam, dan apa kontribusi pendidikan nilai dalam novel Laskar Pelangi terhadap pengembangan pendidikan Islam.
Dalam prakteknya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Kutipan-kutipan data yang disajikan dalam penelitian ini ditegaskan dalam bentuk lampiran tabel pemaparan data yang diperoleh dari pemahaman makna yang terdapat pada setiap kata, kalimat, paragraf, teks. Dari pemahaman makna secara keseluruhan, dilakukan penafsiran dan pengkategorian data yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi.
Penggumpulan data penelitian ini menggunakan metode dengan menggunakan analisis konten (Content Analysis). Maka kegiatan yang dilakukan adalah pemberian makna pada paparan bahasa berupa (1) paragraf-paragraf yang mengemban gagasan tentang Nilai-nilai yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, (2) paragraf-paragraf yang mengandung gagasan tentang metode pengajaran nilai yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi, (3) paragraf-paragraf yang mengemban gagasan tentang nilai-nilai yang dapat dikembangkan dalam pendidikan Islam, dan (4) paragraf-paragraf yang mengemban gagasan tentang kontribusi pendidikan nilai dalam novel Laskar Pelangi terhadap pengembangan pendidikan Islam. Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan melalui kegiatan membaca, menganalisis dan merekonstruksi. Dalam melakukan pemaknaan data peneliti harus memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman tentang klasifikasi pendidikan nilai, metode ngajar pendidikan nilai, nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan Islam dan kontribusi pendidikan nilai dalam pengembangan pendidikan Islam sesuai acuan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terbagi menjadi tiga kalsifikasi yaitu nilai personal, nilai sosial, dan nilai estetika. Sedangkan metode pengajaran nilai yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi adalah metode bercerita dan kisah. Kemudian nilai-nilai yang dapat dikembangkan dalam pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi adalah nilai aqidah, nilai syariah dan nilai akahlak atau budi peketi. Dan kontribusi pendidikan nilai dalam novel Laskar Pelangi terhadap pengembangan pendidikan Islam adalah memberikan kontribusi berupa konstruksi ideologi nilai-nilai Islam. Adanya konstruksi idelogi nilai-nilai Islam tersebut, juga merupakan salah satu sumbangsi dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan Islam untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, yang berbekal pengetahuan, pribadi yang Islami, dan kompentensi ungul yang dibangun oleh seluruh sinergi positif.
Oleh karena itu, menurut hemat penulis, nilai-nilai yang terdapat novel Laskar Pelangi baik nilai personal, nilai sosial, nilai seni, nilai aqidah, nilai syariah, nilai akahlak (budi pekerti) merupakan nilai-nilai yang dapat ditanamkan atau diajarkan di setiap lembaga pendidikan. Namun secara khusus untuk nilai aqidah, syariah, dan akahlak (budi pekerti) lebih sesuai jika dikembangkan pada Pendidikan Islam, karena ketiga nilai tersebut merupakan pokok ajaran dalam Islam. Maka dari itu, pendidikan Islam memiliki peranan penting dalam mengembangkan nilai-nilai tersebut, sebagai upaya untuk memanifestasikan atau mengejawantahkan nilai-nilai Islam, baik nilai-nilai ketuhanan maupun nilai-nilai kemanusiaan, melalui kegiatan pendidikan sebagaimana tercakup dalam praktik pendidikan Islam. Dan hal ini akan dapat membantu pengembangan pendidikan Islam untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Novel Laskar Pelangi; Pendidikan Nilai; Pengembangan Pendidikan Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45876 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |