Fitriyah, Chufidhotul (2011) Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Geometri Siswa Kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140007.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Geometri merupakan salah satu materi yang dipelajari mulai kelas 1 MI/SD melalui bangun-bangun yang akrab dengan lingkungan siswa. Dengan mempelajari geometri dapat menumbuhkan kemampuan berpikir secara logis pada diri siswa. Mengingat peran geometri dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan Matematika, maka materi geometri perlu dipahami dengan baik dan benar oleh siswa MI/SD. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut ialah pemilihan metode yang tepat dari seorang guru dalam menyampaikan materi. Dalam realitanya di sekolah guru masih sering menggunakan metode konvensional dalam mengajar sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Selain itu, siswa tidak diperbolehkan berdiskusi dengan temannya. Hal ini akan membuat siswa kurang aktif bekerja sama dan berpengaruh pada hasil belajar siswa yang sebagian besar di bawah KKM sekolah. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode STAD sebagai salah satu metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses perencanaan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa kelas V A MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. (2) Untuk mengetahui proses penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa siswa kelas V A MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. (3) Untuk mengetahui proses mengevaluasi penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa kelas V MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi informan adalah guru Matematika kelas V A dan siswa kelas V A di MI Sunan Kalijogo. Sedangkan untuk menganalisisnya, data-data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantatif, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa penerapan Metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa kelas V A MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran dengan metode STAD yang ada, hal ini dapat dilihat dari persiapan, pelaksanaan (aplikasi) dan evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar yang dirancang dengan baik.
ABSTRACT
Geometry is one of the materials studied from grade 1 MI/SD through forms that are familiar with the students environment. By studying the geometry, they can develop their ability to think logically on their self-esteem. In view of geometry's role in supporting the educational purpose of Mathematics, the geometry of material needs to be properly understood by the student of MI/SD. One effort to achieve this purpsose is the selection of appropriate methods from a teacher in delivering the material. In reality, in the school teachers are often using the conventional method of teaching that makes students less understand the material being taught. In addition, students are not allowed to discuss with his friend. This will make students less actively in working together and influence on student learning outcomes are largely under the KKM of school. In response to these problems, STAD method must be developed as one alternative method that makes learning more effective which is expected to improve student learning outcomes.
The purposes of this study were (1) To know the planning process STAD methods to improve learning outcomes of mathematical geometry chapter of student grade VA MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang (2) To know the process of implementing STAD methods to improve learning outcomes of Mathematical geometry chapter of student grade VA Sunan Kalijogo MI Karangbesuki Malang. (3) To know the process of evaluating the implementation of STAD methods to improve learning outcomes of Mathematical geometry chapter of student grade V MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
Research conducted by the author uses a qualitative approach, the design used is the design of classroom action research (CAR). In data assembling, the authors use several methods, namely: the method of observation, methods of documentation and interview methods, while the informant is a Mathematics teacher of grade VA and student of grade VA at MI Sunan Kalijogo. Meanwhile, to analyze, the qualitative data are analyzed with qualitative descriptive analysis namely data in the form of written or oral of people and behaviors that are observed and quantitative data were analyzed with descriptive quantitative analysis, so in this case the author seeks to undertake research which is described as a whole about the actual situation. In addition, to support the description of the actual situation existing in the field, here the authors include a table as a complement to the data.
From the results, indicate that the application method of STAD in improving learning outcomes of mathematical geometry chapter of student grade VA MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang has been implemented properly and in accordance with the concept of learning with STAD methods available, this can be seen from the preparation, execution (application ) and evaluation in teaching and learning activities are well designed.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; STAD; Hasil Belajar; Geometri; Methods; STAD; Learning Outcomes; Geometry | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:17 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45871 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |