Cholin, Mifta (2009) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110093.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (575kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Secara umum pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam. Ajaran- ajaran tersebut terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk kepentingan pendidikan, dengan melalui proses ijtihad para ulama mengembangkan materi pendidikan agama Islam pada tingkat yang lebih rinci. Mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural adalah salah satu model pembelajaran pendidikan agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah itu keragaman agama, etnis, bahasa dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan karena banyak kita jumpai di sekolah-sekolah umum (bukan bercirikan Islam) di dalam satu kelas saja terdiri dari berbagai siswa yang sangat beragam sekali, ada yang berbeda agama, etnis, bahasa, suku, dan lain sebagainya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA Negeri 2 Batu, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA Negeri 2 Batu, dan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA Negeri
2 Batu.
Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Batu, wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum SMA Negeri 2 Batu, Guru pendidikan agama Islam SMA Negeri 2 Batu, dan beberapa murid SMA Negeri 2 Batu. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA Negeri 2 Batu ini adalah setiap siswa yang beragama non Islam diberi kebebasan untuk mengikuti pelajaran di dalam kelas sebagai peserta pasif atau meninggalkan kelas dan diarahkan ke ruang perpustakaan, dan guru pendidikan agama Islam yang ada juga membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan juga sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh guru pendidikan agama Islam yang ada, dan siswa yang beragama non Islam tersebut ternyata lebih memilih untuk mengikuti pembelajaran PAI di dalam kelas daripada harus meninggalkan kelas meskipun sudah ada kebijakan dari sekolah ia boleh di luar kelas. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA Negeri 2 Batu adalah terciptanya lingkungan belajar yang kondusif di dalam kelas dan terwujud pula suasana kekeluargaan yang erat di antara siswa maupun guru di SMA Negeri 2 Batu. Seluruh civitas akademik di SMA Negeri 2 Batu harus saling mendukung adanya pembelajaran multikultural ini karena dengan hal ini pembelajaran yang lain selain materi PAI pun dapat berjalan dengan baik, dan siswa-siswa semakin terbuka dan kerjasama pun akan semakin kompak. Hasil lain yang di dapat di dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA Negeri 2 Batu adalah membekali seluruh siswa untuk siap menghadapi lingkungan masyarakat yang heterogen baik di lingkungan masyarakatnya yang sekarang maupun di lingkungan masyarakat yang akan datang jika siswa tersebut telah lulus ataupun bekerja. Maka guru pendidikan agama Islam dan guru-guru lainnya harus senantiasa bekerja sama untuk menerapkan pembelajaran yang berwawasan multikultural, di samping pula peran orang tua dalam membina akhlak anak di lingkungan rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Multikultural | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:10 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45860 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |