Husniyati, Indah (2011) Strategi Komunikasi pada Wajib Pajak Hotel dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD): Studi pada kantor Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510121.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (487kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pajak hotel merupakan suatu kewajiban bagi pemilik hotel yang tercantum dalam Perda No.4 Tahun 1998 bagi masyarakat Indonesia.Namun, pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak taat terhadap kewajibannya untuk membayar pajak. Hal tersebut terlihat dari banyaknya masalah yang timbul pada akhir-akhir ini.
Jenis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yaitu kegiatan pengumpulan ,pengelolaan kemudian penyajian data observasi agar pihak lain dapat dengan mudah diperoleh gambaran mengenai obyek yang diteliti dalam bentuk kata-kata dan bahasa.
Bahwasnnya strategi komunikasi yang dilakukann oleh pemerintah DPKD kepada para wajib pajak terdiri dari beberapa langkah antara lain: dengan melakukan pembinaan kepada wajib pajak yang meliputi penyuluhan kepada mereka, mengadakan reward kepada wajib pajak, sehingga mereka terpacu untuk tertib pajak, dan melakukan komunikasi dau arah kepada wajib pajak dengan tujuan agar terjalin timbale balik serta hubungan yang positif antara pemerintah dengan wajib pajak.
ABSTRACT
Hotel tax is an obligation for owner of hotel that is listed in local legislation No. 4 of 1998 for the Indonesian. But, in reality there are still many Indonesian who do not obey to their obligations to pay the tax. It can be seen from the many problems that occur lately.
The type done in this study is qualitative research that aims to understand phenomenon on what research subject experienced. And the approach used is descriptive approach that is collecting, processing, and presentation of observational data so that others can be easily obtained on the picture of the object observed in the form of words and language.
The communication strategies used by government DPKD to the payer of the tax assessment consists of several steps, those are: by doing guidance to the payers of the tax assessment that include training, giving reward to them so they pay attention to the tax and keep communicating each other so it creates the positive relationship between government and the payer of the tax assessment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komunikasi; Wajib Pajak; Communication; the tax assessment | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:15 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45858 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |