Yulandar, Nia Septi (2010) Peran tutor dalam mengembangkan perilaku sosial anak di komunitas Homeschooling Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110187.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi anak-anak Indonesia. Karena dengan pendidikan akan membebaskan anak-anak dari kebodohan dan penjajahan oleh bangsa lain. Sehingga saat ini banyak bermunculan lembaga- lembaga pendidikan yang bersifat formal, non-formal maupun informal. Homeschooling merupakan salah satu bentuk pendidikan yang bersifat informal dan tergolong baru di Indonesia sehingga masih terdengar asing bagi sebagian orang karena dilihat dari model pembelajarannya yang berbasis rumah.
Adapun lembaga pendidikan yang dipilih oleh peneliti untuk dilakukan penelitian adalah Komunitas Homeschooling Sekolah Dolan di Vila Bukit Tidar Malang. Dengan judul peranan tutor dalam mengembangkan perilaku sosial anak di Komunitas Homeschooling Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang yang bertujuan untuk: (1). Mengetahui Peran tutor dalam mengembangkan perilaku sosial anak di Komunitas Homeschooling Sekolah Vila Bukit Tidar Malang. (2). Pola-pola perilaku sosial anak di Komunitas Homesechooling Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang. (3). Faktor-faktor penghambat dan pendukung bagi perkembangan perilaku sosial anak di Komunitas Homeschooling Sekolah Dolan Malang Vila Bukit Tidar Malang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan beberapa teknik untuk memperoleh data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam menyajikan data adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk memeriksa keabsahan data dari apa yang sudah diperoleh digunakan teknik triangulasi yang terdiri atas trianngulasi teknik, sumber dan waktu.
Dari hasil penelitian yang didapat, mengenai perkembangan perilaku sosial anak di Komunitas Homeschooling Sekolah Dolan adalah 1). Tutor memiliki peran penting dalam mengembangkan perilaku sosial anak, yaitu sebagai fasilitator dan pembimbing. 2). Pola perilaku yang ditunjukkan anak-anak di Komunitas Homeschooling Sekolah Dolan adalah rentan terhadap penolakan dan penerimaan sosial, kepekaan yang berlebihan, mudah dipengaruhi dan tidak dipengaruhi, prasangka, bertanggung jawab, bermurah hati, sportif, memiliki wawasan sosial, antagonisme jenis kelamin, dan diskriminasi. 3). faktor-faktor penghambat dan pendukung adalah keluarga, keturunan (heredity), lingkungan, pengaruh pengalaman sosial awal anak, dan motivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perkembangan Perilaku Sosial; Homeschooling | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:10 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45857 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |