Albar, Melani (2011) Penggunaan metode Card Sort untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam penguasaan Mufrodat (kosa kata) pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VB di MI Islamiyah Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140004.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bahasa dalam kehidupan manusia sehari-hari adalah sebagai alat komunikasi. Agar dapat berkomunikasi dengan baik maka dibutuhkan penguasaan kosa kata- kosa kata, terlebih ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing maka kosa kata itu sangatlah penting untuk dikuasai.
Kegiatan menguasai mufrodat tidak lepas dari yang namanya hafalan, sehingga hal ini menjadi faktor utama peserta didik lemah dalam menguasa mufrodat. Apalagi ketika pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional dan monoton, oleh sebab itulah metode card sort diaplikasikan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode card sort ini peserta didik dapat terlibat aktif dalam pembelajaran karena metode ini memiliki potensi untuk dapat membuat cara belajar yang menarik dan menyenangkan.
Penelitian ini berlangsung di MI Islamiyah Sukun Malang dengan obyek penelitian adalah siswa kelas VB. Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) Mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode card sort pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VB di MI Islamiyah Sukun Malang,(2) Mendeskripsikan Pelaksanaan penggunaan metode card sort untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam penguasaan mufrodat pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VB di MI Islamiyah Sukun malang, (3) Mendeskripsikan evaluasi penggunaan metode card sort untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam penguasaan mufrodat pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VB di Mi Islamiyah Sukun Malang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini lebih memfokuskan pada metode card sort untuk meningkatkan prestasi dalam penguasaan mufrodat siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dan setiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan-tahapan yang mencakup ; Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode card sort mampu meningkatkan penguasaan mufrodat siswa melalui soal-soal tes yang diberikan peneliti. Hal ini terbukti secara kuantitatif dari hasil nilai yang diperoleh siswa mulai dari sebelum dan sesudah tindakan adalah : nilai rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 37%, sklus I meningkat sebesar 65% dan pada siklus II meningkat sebesar 85%.
ABSTRACT
Language in everyday human life is as a communication tool. To be able to communicate with both the required mastery of vocabulary, vocabulary, especially when someone is communicating with a foreign language using the vocabulary is very important to master.
Mufrodat control activities are not separated from the name rote, so that this becomes a major factor in the weak learners menguasa mufrodat. Especially when using only conventional methods of learning and monotonous, so that card sort method was applied in this study. Using the card sort method is that learners can be actively involved in learning because this method has the potential to make learning interesting and fun.
The study took place in Malang MI Islamiyah Sukun with the object of research is the VB class students. The purpose of this study were: (1) Describe the planning of the use of card sort method in Arabic classes at MI Islamiyah VB Sukun Malang, (2) Describes the implementation of the use of card sort method to improve student achievement in the control subjects mufrodat in Arabic classes at MI Islamiyah VB Sukun Malang, (3) Describe the evaluation of the use of card sort method to improve student achievement in the mastery of subjects mufrodat in Arabic classes at MI Islamiyah VB Sukun Malang.
This type of research is the Classroom Action Research (CAR) by using a qualitative approach. This study focuses more on the card sort method to improve student achievement in the mastery mufrodat. The study lasted two cycles, and each cycle two meetings with the various phases which will include planning, implementation, observation and reflection .. The results of the analysis of this study indicate that using the card sort method to increase mastery mufrodat students through test questions given researcher. This proved to be quantitatively from results obtained values ranging from students before and after the action is: the average value of the class before the action was 37%, sklus I increased by 65% and the second cycle increased by 85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Card Sort; Mufrodat; Bahasa Arab; Method of Card Sort; Mufrodat; Arabic | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:17 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2023 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |