Sa’diyah, Chalimatus (2010) Peran guru dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa muslim minoritas di SMPN Satu Atap Desa Wonokitri Tengger Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110173.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran yang unggul memerlukan guru yang profesional sebagai produk dari profesionalisasi secara berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan secara khusus sehingga melahirkan para guru yang memiliki sikap a) Profesionalitas, yaitu sikap merasa bangga dan komitmen terhadap pekerjaannya. b) Profesionalisme, yaitu sikap mental untuk berkomitmen terhadap kinerja bermutu sesuai dengan standart yang diharapkan baik dari sisi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (Nanang Hanafiah: 2009).
Pendidikan agama mutlak diperlukan di sekolah, apalagi di sekolah umum, oleh sebab itu guru yang mengajar agama harus mampu menanamkan nilai – nilai agama kepada setiap siswa dengan berbagai cara. Guru juga harus mampu menyampaikan mata pelajaran agama dengan berbagai metode dan cara sehingga pembelajaran dapat dirasakan nyaman, menyenangkan serta tidak membosankan hal ini dapat meningkatkan tingkat pemahaman siswa dalam hal agama. Maka peran guru sangat berpengaruh dalam membentuk jiwa yang beriman dan berbudi luhur.
Sekolah menengah pertama (SMP ) merupakan pendidikan bagi anak yang baru menginjak masa remaja oleh karena itu guru harus lebih banyak lagi dalam memberikan mata pelajaran agama sehingga mereka mempunyai dasar dalam melangkah. Namun dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN sering menghadapi berbagai masalah hal ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan, tingkat pemahaman siswa yang masih dasar.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk melukiskan secara sistematis fakta yang diperoleh dari penelitian yang berlangsung pada objeknya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama Islam di SMPN SATU ATAP WONOKITRI yang berjumlah 4 anak. Data yang didapat dari 4 siswa di SMPN SATU ATAP WONOKITRI dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi diperoleh hasil bahwa Peran guru dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa muslim minoritas di SMPN SATU ATAP WONOKITRI adalah sangat berpengaruh sekali terhadap tingkat pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI. Adapun peran guru tersebut sangat banyak sekali yaitu, selain mengajar guru juga berperan sebagai pendidik, administrator, vasilitator, serta motifator dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran guru; Meningkatkan pembelajaran PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45827 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |