Amalia, Ummu (2009) Hubungan penggunaan Metode Demonstrasi terhadap motivasi berprestasi siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Wlingi Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110078.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada dasarnya pendidikan berperan dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa agar mampu menjadi khalifah Allah di bumi ketika menjalani kehidupannya. Manusia diciptakan dalam keadaan fitrah. Karena itu, pendidikan berupaya mengembangkan potensi atau fitrah manusia sebagai karunia Allah dengan pembelajaran sejumlah pengetahuan, ketrampilan, serta pengalaman yang berguna bagi hidupnya.
Metode merupakan alat yang sangat penting untuk mencapai suatu tujuan. Guru dituntut untuk menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa agar menarik, tidak menimbulkan kebosanan, dan mudah dipahami. Kegiatan pembelajaran fiqih tidak hanya memberikan ilmu agama tetapi juga perlu diterapkan, diamalkan, dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu guru harus terampil dalam menerapkan metode demonstrasi agar menimbulkan motivasi berprestasi siswa.
Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam pengajaran fiqih terhadap motivasi berprestasi siswa, 2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa.
Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi. Pendekatan yang digunakan yaitu survey. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 280 siswa. Dari jumlah populasi yang ada peneliti hanya mengambil sampel 25% saja yaitu 70 siswa. Penelitian metode kuantitatif ini menggunakan empat teknik pengumpulan data yaitu: 1) Angket, 2) Wawancara, 3) Observasi, dan 4) Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang diperoleh peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan gambaran, statistik deskriptif, dan rumus product moment.
Setelah peneliti mengadakan penelitian di MAN Wlingi Blitar dengan
melancarkan angket yang terdiri dari dua variabel dengan ketentuan variabel pertama yaitu pernyataan-pernyataan tentang metode demonstrasi yang digunakan guru pada mata pelajaran fiqih yang terdiri dari 10 item, variabel kedua tentang motivasi berprestasi siswa juga terdiri dari 10 item. Setelah angket tersebut terjawab selanjutnya peneliti menganalisis hasil jawaban dari responden yang kemudian dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumus product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS seri 15 versi Windows. Dari perhitungan tersebut ditemukan hasil r = 0,558.
Penggunaan metode demonstrasi sebagaimana dilakukan oleh guru fiqih di MAN Wlingi Blitar dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan meliputi pembuatan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP). Pelaksanaan meliputi persiapan, penyajian, peragaan, pengamatan, dan kesimpulan. Penilaian meliputi pemberian evaluasi atau penugasan.
Hubungan penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Wlingi Blitar dapat dilihat dari hasil perhitungan rumus product moment diperoleh sebesar r = 0,558 jika dikonsultasikan dengan harga tabel taraf signifikansi 5 % untuk jumlah sampel 70 siswa adalah 0,558 sehingga rhitung > rtable (0,558 > 0,232) yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ht diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan metode demonstrasi dengan motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran fiqih. Disarankan guru dapat menerapkan metode demonstrasi karena dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Demonstrasi; Motivasi Berprestasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45825 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |