Safrudin, Safrudin (2010) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Akhlakul Karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110172.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (729kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan proses interaksi antara guru dengan siswa untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang ditentukan. Guru adalah faktor yang paling penting dalam dunia pendidikan, baik dan buruknya pendidikan terletak dipundaknya guru. Guru agama memegang peranan yang strategis dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa, peranannya sangat besar sekali dan tidak tergantikan oleh apapun. Peran guru agama dalam proses belajar mengajar sangat luas sekali, tidak terbatas hanya sebagai pendidik dan pengajar saja. Akan tetapi akhir-akhir ini peranan guru agama mulai dipertanyakan eksistensinya secara fungsional karena disebabkan oleh munculnya serangkaian fenomena para siswa yang terlibat dalam aksi kejahatan dan lulusan pendidikan yang secara moral cenderung merosot, ini menunjukkan bahwa para siswa dan lulusan pendidikan tidak mempunyai pondasi akhlakul karimah. Maka disini peran guru khususnya guru agama harus ditingkatkan dan diperhatikan lagi dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah, agar para siswa mempunai perilaku yang baik.
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka skripsi ini ingin mengkaji tentang peran GPAI dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen. Dan rumusan masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah 1. bagaimana peran GPAI sebagai perencana dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen? 2. bagaimana peran GPAI sebagai organisator dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen? 3. bagaimana peran GPAI sebagai pembimbing dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen? 4. bagaimana peran GPAI sebagai konselor dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen?
Adapun yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1. ingin mengetahui peran GPAI sebagai organisator dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen, 2. ingin mengetahui peran GPAI sebagai organisator dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen, 3. ingin mengetahui peran GPAI sebagai pembimbing dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen, dan 4. ingin mengetahui peran GPAI sebagai konselor dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan interview. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian, sehingga memperoleh data- data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMA Islam Kepanjen.
Dari hasil penelitian yang dilaksanakan di SMA Islam Kepanjen dapat disimpulkan bahwa peran guru pendidikan agama islam (GPAI) sebagai perencana dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen bahwa guru agama ikut merumuskan atau merencanakan kegiatan- kegiatan yang dapat membentuk siswa mempunyai akhlakul karimah. Peran guru pendidikan agama islam (GPAI) sebagai organisator dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen dimana guru agama selalu mengorganisasi, mengelola tiap-tiap kegiatan baik didalam kelas maupun diluar kelas agar mengarah kepada tingkah laku yang baik. Sedangkan peran guru pendidikan agama islam (GPAI) sebagai pembimbing dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen adalah peranan yang harus dimiliki oleh setiap guru, guru agama buka hanya mengajar saja akan tetapi guru agama juga selalu membimbing dan mengarahkan para siswanya agar selalu berperilaku yang baik. Peran guru pendidikan agama islam (GPAI) sebagai konselor dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen dimana guru agama selalu membantu para siswanya ketika mengalami kesulitan baik yang berkaitan dengan pelajaran, orang tua dan lain sebagainya. Peranan guru agama baik sebagai perencana, organisator, pembimbing, dan sebagai konselor dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa SMA Islam Kepanjen sama-sama diperankan oleh guru agama namun dari keempat peran tersebut yang paling menonjol adalah perannya sebagai pembimbing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | peran; guru pendidikan agama islam; akhlakul karimah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45824 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |