Purwanto, Edy (2009) Penerapan Metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII A di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110074.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (655kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan, pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri. Metode resitasi sebagai salah satu metode pembelajaran memperhatikan kesiapan siswa yaitu melalui pemberian tugas. Selain itu siswa juga dapat lebih aktif dalam pembelajaran melalui diskusi atau tanya jawab sebagai wujud pertanggungjawaban tugas yang telah dikerjakan sebelumnya. Adanya penggabungan antara model pembelajaran metode resitasi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan data nilai yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum memenuhi ketuntasan belajar di sekolah yaitu siswa yang memperoleh nilai 65 atau lebih masih kurang dari 85%. Ini berarti keberhasilan KBM belum sesuai dengan ketuntasan belajar. Dari pernyataan tersebut dapat dilakukan upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui implementasi model pembelajaran metode resitasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi PAI melalui implementasi model pembelajaran metode resitasi.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Batu dengan subjek penelitian adalah 38 siswa/siswi yang terdiri dari 15 putra dan 23 putri, peneliti (guru), dan seorang guru PAI (observer). Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil angket refleksi siswa, dan hasil observasi dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas 65% atau lebih kelompok memperoleh kriteria sangat aktif dan siswa yang memperoleh nilai
65 atau lebih sebanyak 85% atau lebih.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa siklus I, 3 kelompok memperoleh kriteria aktif dan 4 kelompok lainnya sangat aktif sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa seluruh kelompok memperoleh kriteria sangat aktif. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 80,5% siswa memperoleh nilai 65 atau lebih dan pada siklus II 85,4% siswa memperoleh nilai 65 atau lebih.
Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui implementasi model pembelajaran metode resitasi dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Batu dalam pembelajaran PAI pokok. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar digunakan model pembelajaran metode resitasi agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Resitasi; Meningkatkan Hasil Belajar Siswa; Mata Pelajaran PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45819 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |