Mukhlisin, Mukhlisin (2010) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa SMA Widya Dharma Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110170.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sekarang ini arus globalisasi dan informasi telah merubah wajah dunia semakin indah dan berkembang. Era ini ditandai dengan kemampuan menguasai dan mendayagunakan arus informasi, bersaing secara terus menerus dalam belajar dan menguasai kemampuan menggunakan berbagai teknologi. Perkembangan terjadi diberbagai bidang baik dalam tatanan sosial, ekonomi, budaya, teknologi, dan lain sebagainya. Sesungguhnya semua itu merupakan hasil dari proses pendidikan dan pengajaran yang diperoleh di Sekolah. Akan tetapi sehubungan dengan kemajuan yang ada, banyak juga penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam kehidupan. Makanya ada hal yang terpenting untuk ditanamkan pada siswa ialah pondasi awal menanamkan dan membina akhlak semaksimal mungkin.
Guru adalah faktor yang paling berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih guru agama memegang peranan yang strategis dalam menanamkan nilai- nilai akhlakul karimah pada siswa dan peranannya sangat signifikan. Maka dari itu guru sangat dibutuhkan terlebih guru agama harus lebih memperhatikan dan meningkatkan dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa agar mempunyai perilaku yang baik dan tidak terjadi penyimpangan dalam masyarakat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka skripsi ini ingin mengkaji tentang upaya guru PAI dalam membina akhlak pada siswa SMA widya Dharma Turen. Dan rumusan masalah yang dibahas adalah 1. Bagaimana Akhlak siswa SMA Widya Dharma Turen? 2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi akhlak siswa SMA Widya Dharma Turen? 3. Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak siswa di SMA Widya Dharma Turen?
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan interview. Dengan metode tersebut penulis dapat memperoleh data-data yang kongkrit, yang sesuai dengan kebutuhan dan penelitian ini dilaksanakan di SMA Widya Dharma Turen.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan: 1) Akhlak siswa SMA Widya Dharma Turen terhadap Allah dan sesama manusia (guru dan teman sekolahnya) sudah baik, ini terlihat dari antusias siswa dalam menjalankan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SMA Widya Dharma itu sendiri baik dan istiqomah. 2) Adapun bagi siswa yang akhlaknya kurang baik, itu disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor keluarga dan faktor lingkungan (sekolah), dari faktor keluarga siswa terpengaruh ke dalam prilakunya karena masalah dari keluarga siswa itu sendiri seperti broken home, kurangnya perhatian orangtua dan lain-lain, disamping itu lingkungan pergaulan juga mempunyai pengaruh yang kuat pada akhlak siswa (salah memilih teman). 3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka membina akhlak siswa yaitu melalui tiga cara: Metode Uswah (teladan), Metode Ta’widiyah (Pembiasaan), dan metode Mau’idzah (Nasehat). Dalam artian proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah (di dalam kelas) dengan memberikan materi atau teori tentang akidah akhlak oleh guru dan bagaimana cara bertingkah laku dan berakhlak baik, disini guru memberikan contoh atau teladan kepada siswa dalam kesehariannya dan juga melalui kegiatan keagamaan dan program-program pembinaan akhlak yang di adakan di luar sekolah atau di luar jam pelajaran (ekstrakurikuler) diantaranya adalah kegiatan shalat dzuhur dan jum’at berjamaah bersama di masjid, kegiatan BTA (Baca Tulis Al-Qur’an), kegiatan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), Pesantren Ramadhan, dan juga pendekatan pribadi atau langsung antar guru dengan murid.
ABSTRACT
Current globalization and the information flow has changed the face of the world more beautiful and growing, this era marked by the ability to master and utilize the flow of information, competing constantly learning and mastering the ability to use various technologies, developments occurred in many fields both in social, economic, culture, technology, and so forth, all of it is actually a result of the process of education and instruction provided in schools, but in connection with the progress there, too many deviations that occur in life, so there is the most important thing to be embedded in students is to instill and nurture early foundations of morality as much as possible.
Teachers are the most influential factor in education, especially teachers of religion plays a strategic role in instilling values in students and akhlakul karimah very significant role, it is therefore very necessary first teacher of religion teachers should pay more attention and increase in instilling values akhlakul karimah the students to have good behavior and no deviation occurs in the community
Based on the above background, then this paper would like to learn about the efforts of teachers in fostering moral pie on sma widya dharma students Turen, and ru formula is the first issue discussed. how morals Turen students sma widya dharma? 2. Any factors that influence students' moral sma Turen widya dharma? 3. how the Islamic religion teacher effort (pie) in building character in students' sma widya Turen dharma?
By type of research include descriptive qualitative research, while the methods used in data collection techniques of observation, documentation, and interviews, with these methods the author can obtain concrete data, which according to the needs and the research was conducted in sma widya dharma Turen.
As for the results obtained from the study showed: 1) moral dharma students SMA Widya Turen of gods and human beings (teachers and school friend) is fine, is visible from the enthusiastic students in carrying out religious activities which took place in the dharma itself SMA Widya good and istiqomah. 2) But as for students who lack good moral, it is caused by two factors: the family and environmental factors (school), of family factors to the behaviors of students affected by the problem of student's own family like broken home, lack of parental attention and others, besides it also has a social circle a strong influence on the morals of students (one of choosing friends). 3) the efforts made by Islamic religious education teachers in order to nurture student character through three ways: uswah method (example), ta'widiyah methods (habituation), and methods mau'idzah (advice). in the sense that the process of teaching and learning activities at school (in class) to provide material or theory of moral belief by teachers and how well behaved and have a certain character, here the teacher to give examples or role models to students in their activities and also through religious activities and programs character-building programs are held outside school in or outside the hours of lessons (extracurricular) activities such as prayer in congregation together Dhuhur and Friday at the mosque, the activities of BTA (tadarus al- qur'an), activity holiday celebrations Islam (PHBI ), pesantren ramadhan, and also a personal approach or directly between teachers and students
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | upaya; guru pendidikan agama Islam; akhlak siswa; effort; Islamic religious education teachers; moral students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45817 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |