Hariroh, Laily Zulfani (2009) Korelasi prestasi belajar Aqidah Akhlaq dengan perilaku siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110073.Pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (497kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini sering kali terdengar di media cetak maupun media elektronik, tentang kenakalan yang terjadi pada siswa sekolah. Banyak hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh para siswa sekolah, seperti halnya; mencuri, minum- minuman keras, menonton VCD porno, berperilaku tidak sopan pada orang yang lebih dewasa, mengkonsumsi narkoba, dan masih banyak lagi. Hal ini terjadi karena dilatarbelakangi oleh pengaruh kemajuan teknologi yang ada, serta budaya asing yang ada di lingkungan sekitar di mana siswa itu tinggal.
Sehubungan dengan hal itu, maka dirasa pendidikan agama khususnya Aqidah Akhlaq mempunyai peran yang sangat penting untuk mendidik siswa agar mempunyai akhlaq yang mulia. Namun kenyataan yang ada saat ini, penerapan tentang materi Aqidah Akhlaq yang diajarkan di sekolah kurang diamalkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa di MTs Negeri Batu, perilaku siswa di MTs Negeri Batu, dan korelasi prestasi belajar Aqidah Akhlaq dengan perilaku siswa di MTs Negeri Batu.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu, dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi; dan (4) angket.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Prestasi belajar Aqidah Akhlak Siswa di MTs Negeri Batu adalah amat baik, hal ini terbukti dari data yang diperoleh pada saat penelitian menunjukkan nilai prestasi belajar Aqidah Akhlak berada dalam kategori amat baik, yaitu
51,38% dengan 37 responden menunjukan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa menempati proposisi yang paling besar. Selanjutnya prestasi belajar Aqidah Akhlak sebesar 48,62% dengan 35 responden menunjukkan prestasi belajar Aqidah Akhlak menempati kategori baik. Sedangkan untuk kategori cukup, kurang dan amat kurang masing-masing sebesar 0%, karena dalam hal ini semua siswa telah mencapai KKM. Perilaku siswa di MTs Negeri Batu bisa dikatakan baik, karena dalam hal ini dari beberapa sampel yang dipilih menunjukkan perilaku siswa yang baik, yakni perilaku siswa yang paling tinggi berada pada kategori baik, yaitu 65,27% dengan 47 responden menunjukan perilaku siswa menempati proposisi yang paling besar, dilanjutkan dengan perilaku siswa pada kategori cukup sebesar 34,73% dengan 25 responden. Dan korelasi prestasi belajar aqidah akhlaq mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku siswa di MTs Negeri Batu. Dengan nilai korelasi sebesar 0,514 didapatkan bahwa hubungan antara prestasi belajar aqidah akhlaq dengan perilaku siswa di MTs Negeri Batu termasuk dalam kategori yang sedang karena berada pada interval 0,4
– 0,6.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, yaitu bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, hendaknya lebih aktif dan penuh inisiatif dalam melibatkan siswa untuk mengamalkan materi pelajaran Aqidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq; Perilaku Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45808 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |