Mufarrohah, Siti (2010) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program Akselerasi di SMP Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110162.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Anak berbakat atau siswa cerdas istimewa merupakan aset yang potensial untuk dikembangkan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu menjadi kewajiban bagi setiap pendidik untuk berupaya secara optimal memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengupayakan model pembelajaran yang sesuai sehingga potensi mereka dapat berkembang secara optimal. Apabila untuk anak supernormal tidak disediakan layanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan- kebutuhan yang khas, sehingga potensi-potensinya kurang dapat diwujudka. Disamping kita dapat kehilangan bibit-bibit unggul bagi perkembangan negara dan bangsa Indonesia, anak-anak tersebut dirugikan dan bahkan dapat menjadi anak bermasalah, “underachiever” (anak berbakat yang tidak menunjukkan prestasi) atau “drop out” dan bahkan putus sekolah.
Salah satu bentuk pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa adalah melalui program akselerasi (percepatan belajar). Dengan kata lain program untuk mempercepat masa studi bagi peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Program Akselerasi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melalui masa belajar di sekolah dengan waktu yang relatif cepat Pendekatan kegiatan pembelajaran diarahkan kepada terwujudnya proses belajar tuntas (Mastery Learning). Selain itu strategi pembelajaran program belajar diarahkan kepada pengembangan iptek dan imtaq secara terpadu. Yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh jiwa keagamaan (ketaqwaan).
Oleh karena itu, Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam khusus bagi anak bekecerdasan tinggi diperlukan pendekatan pembelajaran khusus yaitu menggunakan pendekatan seluruh ranah (sikap, emosi, kognisi dan psikomotor) sehingga muncul pemikiran kreatif. Hal ini sesuai dengan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) bahwa proses Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilalui dan dialami oleh siswa di sekolah dimulai dari tahapan kognisi. Berangkat dari latar belakang inilah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi Di SMP Negeri 3 Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi di SMP Negeri 3 Malang; (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi di SMP Negeri 3 Malang, dan (3) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi di SMP Negeri 3 Malang
Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma Deskriptif- Kualitatif. Yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dan jenis penelitiannya adalah menggunakan teknik analisis Deskriptif (non statistik), yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan untuk kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya, secara umum perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada program akselerasi SMP negeri 3 Malang adalah tidak jauh berbeda dengan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas reguler, perbedaannya hanya terletak pada pengalokasian waktu yang disusun secara khusus sehingga pembelajaran berlangsung lebih cepat dari program reguler. Demikian pula halnya dengan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi SMP Negeri 3 Malang tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada program reguler. Hanya saja yang membedakannya dengan kelas reguler bahwa kelas akselerasi diperuntukkan bagi anak-anak yang luar biasa cerdas dan memiliki keunggulan dalam kecepatan berfikir. Dengan kurikulum yang dikembangkan (secara berdiferensiasi) disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa berbakat. Yaitu waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan pendidikan program akselerasi lebih cepat dari pada program reguler pada umumnya.
Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Akselerasi di SMP Negeri 3 Malang terdapat faktor yang mendukung dan menghambat. Yang menjadi faktor pendukung antara lain: Sarana dan Prasarana yang sangat mendukung pelaksanaan pembelajaran Program Akselerasi dan suasana yang kondusif.
Sedangkan beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam program akselerasi, diantaranya seperti: minimnya standar kompetensi guru, keterbatasan waktu dan kurangnya dukungan dari orang tua. Terlepas dari itu semua, permasalahan yang berhubungan dengan siswa akselerasi dalam pelaksanaannya di SMP Negeri 3 Malang tidak menjadi suatu problem yang berarti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam'; Program Akselerasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:14 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45796 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |