Rosida, Ainur (2009) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110066.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (943kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Gaya belajar merupakan suatu kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. gaya belajar bukan hanya berupa aspek ketika menghadapi informasi, melihat, mendengar, menulis dan berkata tetapi juga aspek pemrosesan informasi sekunsial, analitik, global atau otak kiri- otak kanan, aspek lain adalah ketika merespon sesuatu atas lingkungan belajar(diserap secara abstrak dan konkret). Terdapat tiga tipe gaya belajar yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu visual (cenderung belajar melalui apa yang mereka lihat), auditorial(belajar melalui apa yang mereka dengar) dan kinestetik(belajar melalui gerak dan sentuhan). Prestasi belajar masih tetap menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 5 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian dekskiptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif . Metode pengumpulan data adalah metode observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 95 siswa. Analisis data menggunakan statistik diskriptif dan regresi linier sederhana.
Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh: (a) gaya belajar yang paling dominan digunakan adalah gaya belajar visual dengan frekuensi 50 siswa (52,6%) dengan kriteria sedang (b) prestasi belajar siswa yang paling dominan adalah sedang dengan frekuensi 61 siswa (64,4%). Dari hasil uji regresi linier sederhana diperoleh: terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 5 Malang. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,407 yang berarti variabel terikat prestasi belajar dijelaskan oleh variabel bebas gaya belajar sebesar 40%. Sedangkan sisanya 60% dijelaskan oleh variabel di luar variabel yang digunakan dalam penelitian.
Disarankan agar siswa khususnya siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang khususnya pelajaran pendidikan agama Islam, agar lebih mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya sehingga dapat meraih prestasi belajar dengan hasil maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Gaya Belajar Siswa; Prestasi Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45795 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |