Hidayati, Fitriya (2009) Pengaruh pendekatan Inquiry pada mata Pelajaran Al-Qur’an-Hadits terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif 02 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110064.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (631kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Hal ini berarti berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pembelajaran bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Tujuan pembelajaran yang diinginkan tentu yang optimal agar dapat mencapai prestasi belajar dengan baik. Untuk itu, pendekatan pembelajaran adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan pendidik. Salah satu pendekatan tersebut adalah pendekatan Inquiry, yaitu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan oleh siswa sendiri dan peran guru hanya sebagai pembimbing dan fasilitator dalam proses pembelajaran. Siswa benar-benar ditempatkan sebagai subjek yang belajar.
Dalam skripsi ini, pendekatan Inquiry digunakan pada mata pelajaran Al- Qur’an-Hadits karena mata pelajaran ini merupakan salah satu unsur mata pelajaran Agama Islam pada madrasah yang memberikan pemahaman kepada siswa tentang Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber ajaran Agama Islam sehingga penting bagi siswa untuk merasa tertarik mempelajarinya secara mandiri. Dalam skripsi ini dibahas tentang bagaimana penggunaan Inquiry di MTs. Al-Ma’arif 02
Singosari, bagaimana prestasi belajar Al-Qur’an-Hadits siswanya, dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Inquiry pada mata pelajaran Al- Qur’an-Hadits terhadap peningkatan prestasi belajar siswanya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif koresional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 80 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan chi kuadrat.
Dari hasil penelitian diperoleh: Penggunaan pendekatan Inquiry pada mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di MTs. Al-Ma’arif 02 Singosari dilakukan dengan enam tahap, yaitu guru memilih tujuan, guru mengajukan pertanyaan, siswa menetapkan hipotesis, siswa mengumpulkan data, siswa menguji hipotesis dan siswa menarik kesimpulan. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan Inquiry. Sebelumnya, prestasi siswa adalah rendah dengan interval nilai 65-73 sebesar 58,75%. Setelah penggunaan, prestasinya meningkat menjadi sedang dengan interval nilai 75-84 sebesar 42,5%. Dari hasil
uji chi kuadrat pada taraf signifikan 1% dan 5% dengan db = 2 diperoleh X299%
<X2hit> X2
yaitu 9,21<17,34443>5,99. Hal ini berarti hipotesis diterima dan disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan Inquiry pada mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits terhadap prestasi belajar yang dihasilkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Inquiry; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 09:16 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 09:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45786 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |