Auliya, Afrida Nur (2009) Internalisasi pendidikan nilai-nilai Islam bagi anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Sunan Giri Mangliawan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110059.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (455kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses pendidikan, sebelum mengenal masyarakat secara luas dan mendapatkan bimbingan dari sekolah, anak terlebik dahulu memperoleh perawatan dan bimbingan dari kedua orang tuanya. Dengan demikian pendidikan bagi anak usia dini harus diperhatikan oleh kedua orang tuanya. Sebab pendidikan anak usia dini merupakan awal mula berperannya pendidikan, sebagai peletak pondasi terhadap pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu Islam sangat memperhatikan pendidikan anak sedini mungkin.
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang dilaksanakan pada usia 0-6 tahun, yang mana pada pendikan formalnya dilaksakan pada usia 4-
6 tahun. Hal ini sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi yang menjelaskan bahwa anak usia dini 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada pada usia rentang usia lahir sampai 6 tahun. Pada usia ini secara terminologi disebut sebagai anak usia prasekolah.
Masalah pokok yang dirumuskan dalam skripsi ini adalah, bagaimana peranan guru dalam pelakasanaan internalisasi pendidikan nilai-nilai Islam bagi anak usia dini di TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang dan metode apa yang digunakan TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang dalam penerapan internalisasi pendidikan nilai-nilai Islam bagi anak usia dini.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam pelakasanaan internalisasi pendidikan nilai-nilai Islam bagi anak usia dini di TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang dan metode yang digunakan TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang dalam penerapan internalisasi pendidikan nilai-nilai Islam bagi anak usia dini.
Dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview kepada Kepala Sekolah, dan Guru Kelas TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang dan orang tua wali. Kemudian berdasarkan data yang diperoleh, penulis menggunakan data yang diperoleh, penulis menganalisanya dengan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data yang tertulis atau lisan.
Adapun hasil dari penelitian di TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang, maka dapat diketahui bahwa: (1) Peranan guru dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai Islam bagi anak usia dini di TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang adalah merupakan hal yang sangat penting dan mutlak dan sebagai peletak pembentukan pribadi anak. (2) Metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai Islam bagi anak usia dini di TK. Islam Sunan Giri Mangliawan Malang dalam proses pengajaran semua tema yang diajarkan selalu dikaitkan dengan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masduki, Masduki | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Internalisasi pendidikan nilai-nilai Islam; Anak Usia Dini | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 07:15 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45754 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |