Hakim, Mohammad Lukman (2010) Strategi Pembelajaran Ekspositori Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Hasyimi Besuk Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110109.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran seorang guru harus berusaha memotivasi siswanya baik yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik, karena menginggat bahwa dengan memberikan motivasi siswa dapat menggembangkan aktivitas, inisiatif, dan dapat memelihara ketekunan belajarnya. Dalam kaitan itu perlu diketahui bahwa cara dan jenis menumbuhkan motivasi adalah bermacam- macam. Tetapi untuk motivasi ekstrinsik kadang-kadang tepat, dan juga kadang- kadang kurang sesuai. Hal ini guru harus hati-hati dalam menumbuhkan dan memberikan motivasi bagi kegiatan belajar para siswa, sebab mungkin maksudnya memberikan motivasi tetapi justru tidak dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa. Begitu juga dengan penggunaan berbagai strategi pengajaran dalam pembelajaran, jika bahan pelajaran disajikan secara menarik dengan metode yang sesuai maka dapat menggairahkan semangat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif karena siswa aktif di kelas. Namun kenyataan yang ada dilapangan, Berdasarkan hasil observasi dilakukan di lokasi SMP Islam Al-Hasyimi, ternyata tidak sesuai dengan teori- teori yang ada, hal ini bisa diketahui bahwa: Pertama, penulis melihat bahwa selama ini upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa kurang maksimal hal ini karena guru PAI sering menggunakan strategi yang monoton dan kurang membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga siswa banyak yang bosan, malas dan mengantuk dalam belajar. Kedua, motivasi belajar siswa dirasakan kurang maksimal hal ini bisa dilihat dari hasil akhir pendidikan yang kurang memenuhi target. Hal inilah yang membuat siswa kurang termotivasi dan malas untuk belajar pada mata pelajaran agama. Dari deskripsi di ataslah sehingga penulis tertarik untuk menggambil judul: Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Besuk Probolinggo.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka skripsi ini mengkaji tentang: 1. Bagaimana strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Besuk Probolinggo? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Besuk Probolinggo?
Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah:1.Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Besuk Probolinggo 2. Untuk menggetahui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Besuk Probolinggo.
Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Keberhasilan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII sudah cukup baik dan meningkat. Hal ini tercermin pada keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu juga bisa dilihat dari akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari yang selalu menampakkan hal yang positif ini artinya bahwa meningkatnya motivasi belajar siswa kelas VIII itu tidak hanya berbentuk nila-nilai angka seperti yang ada di raport, namun lebih dari itu, juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 07:15 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45742 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |