Fidianti, Afdiah (2009) Peran kegiatan Sie Kerohanian Islam (ROHIS) dalam upaya meningkatkan perilaku keberagamaan siswa SMA Negeri I Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110058.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (782kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Para siswa Sekolah Menengah sedang berada pada tingkat perkembangan yang disebut “masa remaja” atau pubertas. Masa remaja yang utama adalah masa menemukan diri, meneliti sikap hidup yang lama dan mencoba-coba yang baru untuk jadi pribadi yang dewasa. Karena banyaknya kenakalan remaja tampak jelas pada mereka yang sedang tumbuh jiwanya. Terutama yang hidup di kota-kota besar, Mereka dihadapkan pada kontradiksi dan aneka ragam pengalaman, yang menyebabkan mereka bingung memilih mana yang baik mana yang buruk.
Para pendidik (Guru), terutama orang tua mempunyai tanggung jawab bersama dalam membentuk karakter serta tingkah laku yang baik. dalam menentukan akhlak yang baik bagi manusia untuk berakhak mulia.
Oleh karena itu dalam menanamkan nilai-nilai moral pada siswa, maka sekolah dalam rangka mengantarkan siswa-siswinya untuk meningkatkan perilaku keberagamaan, salah satu usaha yang dilakukan adalah memberikan suasana relegius atau wadah Kerohanian Islam (Rohis) yaitu suatu kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran yang bertujuan untuk menunjang serta mendukung program Intrakurikuler dan ko kulikuler Pendidikan Agama Islam yang bertujuan meningkatkan keimanan, pemahaman, pengamatan dan pengamalan ajaran Agama Islam, supaya siswa dapat termotivasi untuk bertingkah laku yang baik terhadap dirinya sendiri, terhadap pencipta-Nya (Allah SWT) dan terhadap sesamanya.
Dari latar belakang masalah judul yang peneliti paparkan diatas, maka Skripsi ini membahas tentang Peran Kerohanian Islam dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan (studi kasus di SMA Negeri I Sidoarjo). Dengan mengangkat permasalahan a), Bagaimana Peran Sie Kerohanian Islam dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan siswa b) Upaya apa saja yang dilakukan Sie Kerohanian Islam dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan siswa c) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Sie Kerohanian Islam.
Untuk mencapai tujuan tersebut dipakai dua cara pendekatan yaitu pendekatan teoritis dengan melakukan studi kepustakaan dan pendekatan studi lapangan dengan mengadakan penelitian langsung di SMAN 1 Sidoarjo sebagai obyek penelitian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi tersebut digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Adapun tahap-tahap penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari obyek penelitian, bahwa kegiatan Sie Kerohanian Islam (Rohis) mempunyai peran yang sangat besar dalam peningkatan perilaku keberagamaan siswa SMAN 1 Sidoarjo dapat diketahui dengan berbagai macam kegiatan Sie Kerohanian Islam agar terbina perilaku yang baik, terbukti dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah mempunyai kesadaran untuk beribadah dan berakhlak mulia terhadap Allah SWT. orang tua, guru, sesama teman dan terhadap lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kegiatan Sie Kerohanian Islam; Meningkatkan Perilaku Keberagamaan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 07:15 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45741 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |