Afida, Husna (2007) Pengaruh kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fullterxt)
03160031.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (793kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada umumnya, siswa masih sering melakukan kebiasaan belajar yang kurang baik yaitu belajar semalam suntuk ketika akan menghadapi ujian atau ulangan saja dan minat terhadap bacaan pun masih kurang. Padahal efektivitas belajar tergantung pada kebiasaan belajar yang baik dan juga minat membaca siswa. Ilmu akan bertambah dan berkembang melalui kegiatan membaca. Khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Karena IPS merupakan pelajaran yang selalu berkembang. Dengan membaca siswa akan lebih menguasai atau memahami materi pelajaran, dan tentunya hal ini juga harus didukung dengan kebiasaan belajar yang baik sehingga siswa dapat memperoleh prestasi yang tinggi.
Kebiasaan dan minat merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Kebiasaan belajar yang baik berarti membiasakan diri melakukan proses belajar dengan tepat. Dan minat membaca merupakan perasaan senang seseorang terhadap kegiatan membaca yang dilakukanya tanpa paksaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar.
Penelitian ini dilakukan pada siswa MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau eksplanatory. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 91 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokomentasi. Sedangkan untuk Analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji t , dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ditunjukkan oleh nilai t hitung 2,146 > t tabel 1,980 dengan nilai signifikansi 0,035 (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat
membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ditunjukkan oleh nilai t hitung 23,388 > t tabel 1,980 dengan nilai signifikansi 0,000 (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut terbukti dari hasil uji F yaitu diperoleh nilai F hitung 297,056 > F tabel 3,11 dengan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,871. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh kebiasaan belajar dan minat membaca sebesar 87,1%, sisanya 12,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa apabila siswa melakukan kebiasaan belajar yang baik dan memiliki minat yang tinggi untuk membaca buku-buku pelajaran apalagi yang berhubungan dengan bidang IPS maka prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pun akan meningkat.
Untuk itu disarankan agar orang tua siswa sebaiknya juga ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilan belajar putra putrinya dengan jalan selalu memperhatikan kebiasaan belajar juga minat terhadap bacaan khususnya yang berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru juga diharapkan dapat menanamkan kebiasaan belajar yang baik dan minat membaca yang tinggi tanpa membeda-bedakan status sosial dan taraf pikir siswa. Dan bagi siswa sendiri harus benar-benar memperhatikan kebiasaan belajarnya dan terus berusaha meningkatkan minat membacanya agar mendapatkan kesuksesan dalam studi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kebiasaan Belajar; Minat Membaca; dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 07:14 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45734 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |