Azizah, Nur (2009) Aplikasi Contekstual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Konteks Pendidikan Agama Islam, sudah saatnya kita merubah paradigma pengajaran yang selama ini lazim digunakan dalam proses belajar mengajar PAI ke arah paradigma pembelajaran. Bukan rahasia lagi bahwa paradigma belajar mengajar PAI yang ada selama ini masih sarat orientasi pengajaran daripada pembelajarannya. Akibatnya di kalangan siswa, PAI seringkali dipandang sebagai mata pelajaran yang menjemukan, sarat dengan dogma dan indoktrinasi norma- norma agama yang kurang membuka ruang bagi siswa untuk lebih kritis dan kreatif dalam proses belajar mengajar. Tidak mengherankan jika kemudian siswa menjadi malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis merumuskan masalah diantaranya bagaimana aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran pendidikan islam dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya kelas XI di SMA Negeri 2 Batu, mengetahui hambatan yang dialami guru PAI dalam Aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran pendidikan islam serta mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi hambatan dalam aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran pendidikan islam di kelas XI SMA Negeri 2 Batu.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Batu. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, interview. Kemudian data yang telah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil pembahasan dan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Batu. Adanya motivasi dapat dilihat dari meningkatnya: kemampuan siswa untuk mencetuskan suatu gagasan yang baru, adanya pertanyaan-pertanyaan baru diluar perkiraan mengenai materi pada proses pembelajaran, dan mengemukakan pendapat sesuai dengan pengetahuan yang dialaminya (ekspresif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aplikasi; Contekstual Teaching and Learning; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 11:15 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 11:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45731 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |