Santoso, Subhan Adi (2009) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110049.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan salah satu pedoman bagi lembaga pendidikan dalam menentukan visi, misi, dan tujuan. Kurikulum tingkat satuan pendidikan telah diatur oleh Undang-Undang dan peraturan pemerintah. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan tahap penerapan atas desain perencanaan yang telah dibuat guru. Dalam tahap ini, guru melakukan interaksi belajar-mengajar melalui penerapan berbagai strategi metode dan teknik pembelajaran, serta pemanfaatan media.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu.
Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala MTS Negeri Batu, wakil kepala madrasah bagian kurikulum dan tiga orang guru pendidikan agama Islam yang ada. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah guru diwajibkan membuat silabus dan diterapkan melalui RPP, yang berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah penerapan dari RPP dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang dikembangkan saat ini. Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan tolak ukur untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 11:02 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 11:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45719 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |