Ni’mah, Nunin (2007) Penerapan pembelajaran Kontekstual Strategi REACT untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran ips ekonomi di Kelas VII SMP Kartika IV-8 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03160025.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (540kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan zaman manusia tidak akan lepas dari dunia pendidikan karena pada hakekatnya pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan baik yang dilakukan melalui pendidikan formal maupun non formal dan dapat berlangsung seumur hidup. Untuk mengikuti era globalisasi yang sedang berkembang dunia pendidikan di Indonesia sudah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun dan untuk mengahadapi pembaharuan, pemerintah telah menerapkan kurikulum baru yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah modifikasi dari kurikulum berbasis kompetensi, KBK mempunyai pendekatan yang diharapkan dapat menghidupkan kelas yaitu pendekatan kontekstual (CTL). Dalam pelaksanaan kurikulum tersebut terdapat 5 strategi bagi pendidik dalam rangka penerapan pembelajaran kontekstual yaitu Relating (mengaitkan), Experiencing (mengalami), Apllying (menerapkan), Cooperating (berkerja sama), dan Transfering (mentransfer).
Pada masa sekarang ini sekolah-sekolah sudah mulai mencoba menerapkan strategi pembelajaran tersebut tapi kenyataan yang ada menunjukkan bahwa selama ini pembelajaran ekonomi di SMP Kartika IV-8 Malang hanya diberikan secara teoritik dan menggunakan metode yang kurang menarik dengan menggunakan media LKS. Oleh sebab itulah peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan pembelajaran kontekstual strategi REACT di SMP Kartika IV-8. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui:(1) bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS ekonomi di kelas VII SMP Kartika IV-8 Malang, (2) bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, karakteristik dari PTK adalah adanya kolaborasi antara guru dengan peneliti. Kolaboratif adalah upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran tidak dapat dilakukan sendiri oleh peneliti tetapi ia harus berkolaborasi dengan guru. Prosedur PTK mencakup penetapan fokus permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan diikuti dengan observasi dan interpretasi, analisis dan refleksi. Pembelajaran kontekstual strategi REACT ini diterapkan di kelas VII C dengan kompetensi dasar menganalisis kegiatan pokok ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT siklus I keadaan siswa-siswi kurang kondusif karena disela-sela guru memberikan soal pre test siswa masih ramai dan kurang terfokus.
Pada tindakan siklus II sudah banyak mengalami kemajuan karena saat pelajaran berlangsung siswa-siswi berantusias menyelesaikan tugas-tugasnya dengan tepat waktu dan menjawab dengan tepat hampir semua pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT mampu diterapkan dan sudah bisa di katakan cukup berhasil. Walaupun pada siklus I masih banyak kendala namun pada siklus II kendala- kendala yang ada sudah berkurang. Hal itu ditunjukkan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 59,06% sedangkan pada penerapan siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,97%. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari selisih nilai rata-rata siklus I dan siklus II yaitu 17,91%. Berdasarkan hasil respon siswa cukup baik dan proses belajar mengajar mata pelajaran IPS ekonomi dengan menggunakan pembelajaran kontekstual strategi REACT bisa dimengerti dan mudah dipahami.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan, guru diharapkan bisa menjadi motivator bagi peserta didiknya. Dalam kegiatan pembelajaran harus selektif dalam memilih strategi atau metode pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan materi pelajaran. Ketepatan dalam menggunakan metode pembelajaran akan berpengaruh pada tingkat pemahaman siswa dan prestasi belajar siswa. Guru perlu memahami berbagai jenis media dan sumber belajar beserta fungsi masing-masing media tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual Strategi REACT; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran IPS Ekonomi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 11:02 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 11:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45717 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |