Yuniarti, Vitri (2010) Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas lulusan Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110101.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peranan penting dalam usaha memajukan atau mengembangkan pendidikannya. Karena Kepala Madrasah berperan memandu, menuntun, membimbing, memberi dan membangun dengan para pengajar, staf karyawan, peserta didik serta bersosialisasi dengan masyarakat. Dalam usaha meningkatkan kualitas lulusan Madrasah, Kepala Madrasah harus mengetahui segala perubahan atau perkembangan yang terjadi dalam lembaganya. Adanya tenaga pengajar yang professional dan yang tidak professional dalam bidangnya justru akan mempengaruhi proses belajar mengajar karena mereka harus mampu mewujudkan tujuan pendidikan dan menjadikan peserta didik sebagaimana layaknya orang yang berilmu pengetahuan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian dengan mengambil judul “ Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang ”, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Kualitas Lulusan Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang, 2) Upaya Kepala Madrasah dalam Melibatkan Masyarakat untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya di dasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas lulusan Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang bisa dikatakan berhasil dengan melihat lulusan (out put) yang sangat berkualitas, karena banyak yang sukses ditengah-tengah masyarakat. Upaya yang dilakukan tersebut adalah dengan mengadakan pembinaan terhadap keseluruhan komponen secara kontinyu dan terintegrasi. Adapun faktor pendukung dalam peningkatan kualitas lulusan ini adalah jumlah tenaga guru yang cukup untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar, sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dan adapun faktor penghambatnya adalah sebagian guru Madrasah Aliyah ada yang merangkap mengajar di tempat lain sehingga terkadang harus meninggalkan tugas mengajar dan kesulitan dalam menghadapi perbedaan kemampuan berfikir siswa.
Adapun saran peneliti bagi Lembaga, khususnya bagi Kepala Madrasah adalah lebih menumbuhkan kesadaran partisipasi pada pihak-pihak yang terlibat dalam peningkatan kualitas lulusan Madrasah, demi perkembangan pendidikan dimasa yang akan datang, yaitu dengan menjalin hubungan kerjasama yang harmonis dan saling menunjang dengan masyarakat, agar masyarakat lebih meningkatkan partisipasinya dalam upaya peningkatan kualitas lulusan Madrasah dan untuk para guru Madrasah Aliyah diharapkan selalu berusaha meningkatkan profesionalnya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat mencapai apa yang diinginkan.
ABSTRACT
The headmaster as the leader of education has an important role in improving her or his education. Because the headmaster with the teachers and staff employee have some duties; as guiding, coaching, and building of students. And also, he or she must be able to associate with the society. In the effort to improve the quality of alumni of school, the headmaster must know all changes or developments that occurred within the institution. The existence of professional teachers and unprofessional teachers in their field will actually affect the teaching and learning process since they must be able to realize the goal of education and the learners as the knowledgeable people. Based on this background, the researcher conduct the research under the title “The Effort of Headmaster in Improving the Quality of Alumni in Almaarif Senior High School Singosari Malang”, with the research problem as follow: 1). The quality of alumni of Almaarif Islamic senior high school Singosari Malang, 2). The effort of headmaster in improving the quality of alumni of Almaarif Islamic senior high school Singosari Malang involving the society, 3). The supporting and inhibiting factors in improving the quality of alumni of Almaarif Islamic senior high school Singosari Malang.
This study uses a qualitative approach to data collection techniques through observation, interviews, and documentation. For analyzing the data, this study uses descriptive qualitative methods; the description is based on the symptoms that appear.
The result of study showed that the effort of headmaster in improving thethe quality of alumni of Almaarif Islamic senior high school Singosari Malang is successesful. It can be seen from the high number of alumni that have good quality. The effort that is done is to conduct the establishment to overall components continually and by integration. The supporting factors in improving the school alumni are the amount of teachers is sufficient so that the teaching and learning process run well, the facilities and the infrastructure are sufficient, and the curriculum in accordance with the need of the society. And the inhibiting factors are there are some teachers who are also teach in another place so that sometimes they have to leave their teaching duties. Sometimes, they also get difficulty in facing the difference of students’ thinking abilities.
The researcher’s suggestion for the institution, especially for the headmaster is growing up more the awareness of participation of the parties involved in improving the quality of school alumni so that the education in the future can improve better, by establishing the harmonious and cooperative relationship with the society. As a result, the societies will enhance their participation in the effort to improve the quality of school alumni. And for teachers, they should always try to improve their professionalism in order to be able to carry out their duty well and achieve what is desired.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Madrasah; Kualitas lulusan; The headmaster; the quality of alumni | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 11:12 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 11:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45708 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |