Ania, Helda Nur (2010) Konsep Guru tentang pembelajarn kejujuran dalam konteks pencegahan perilaku Koruptif : Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110095.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Kejujuran dan Pendidikan Anti Korupsi sangatlah perlu diajarkan kepada setiap siswa sejak dini, agar tercipta generasi penerus bangsa yang bebas dari tindak pidana korupsi. Salah satu sekolah yang menerapkan Pembelajaran Kejujuran adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pasuruan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1. Persepsi pembelajaran kejujuran dalam konteks pencegahan perilaku koruptif; 2. Konsep pembelajaran kejujuran dalam konteks pencegahan perilaku koruptif; dan 3. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kejujuran dalam konteks pencegahan perilaku koruptif serta upaya untuk mengatasinya.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi dalam proses pengumpulan datanya. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa datadata yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwa konsep guru tentang pembelajaran kejujuran dalam konteks pencegahan perilaku koruptif adalah dengan; 1. Menyampaikan materi dan metode pembelajaran kejujuran kepada peserta didik; 2. Menerapkan pembelajaran kejujuran di dalam kelas; 3. Memberikan pengrahan tentang bahaya korupsi yang akan diterima di dunia dan akhirat; 4. Mengajarkan konsep pembelajaran kejujuran kepada peserta didik dengan cara menasehati, mengingatkan, serta menjadi suri teladan yang baik bagi semua peserta didik. Adapun faktor pendukung guru MTsN Kota Pasuruan dalam menerapkan pembelajaran kejujuran adalah kepribadian tiap siswa dan faktor dri luar mereka, seperti lingkungan keluarga yang senantiasa membuat situasi penuh dengan kejujuran. Sedangkan factor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari keluarga yang memperhatikan kejujuran siswa, serta lingkungan di sekitarnya (seperti teman, dan kemajuan teknologi teknologi) yang sedikit banyaknya turut mempengaruhi perilaku mereka. Adapun cara untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan mengoptimalkan pembelajaran kejujuran yang telah dilakukan dalam mendidik perilaku siswa, yakni dengan cara menasehati, mengingatkan serta ,menjadi suru teladan yang bai, serta selalu menjalin komunikasi dengan orang tua para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru; Pembelajaran Kejujuran; Pendidikan Anti Korupsi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 09:01 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 09:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45663 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |