Mufarohah, Yuyun (2009) Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (719kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima pelajaran. Oleh sebab itu, guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Apalagi jika siswanya mengalami kesulitan belajar.
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam jenjang pendidikan apapun. Kompetensi pedagogik guru PAI adalah seperangkat pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai oleh guru PAI dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik sehingga dapat meningkatkan perkembangan jasmani dan rohani mencapai tingkat kedewasaan sehingga mampu menunaikan tugas-tugas kemanusiaannya (sebagai kholifah fil ardh dan 'abd) sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.
Kesulitan belajar adalah suatu keadaan dimana siswa tidak belajar sebagaimana mestinya dikarenakan adanya faktor-faktor penyebab kesulitan belajar. Adapun faktor tersebut ada dua yaitu faktor intern (dalam diri siswa sendiri) dan faktor ekstern (faktor diluar diri siswa).
Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari kompetensi pedagogik guru dalam mengajar. Apalagi jika siswa tersebut mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran PAI karena tujuan PAI bukan hanya aspek koqnitif saja tetapi juga afektif dan psikomotorik yang berkaitan dengan nilai-nilai.
Fokus masalah skripsi ini telah diarahkan kepada studi tentang Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Gondanglegi diantaranya: Kompetensi Pedagogik Guru PAI Di SMP Negeri 1 Gondanglegi, Kesulitan Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Gondanglegi, Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Gondanglegi.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bentuk deskriptif (Pemaparan).
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Guru PAI di SMP Negeri 1 Gondanglegi sudah memiliki kompetensi pedagogik dalam mengajar. Hal ini dapat dibuktikan dari cara mereka mengelola pembelajaran diantaranya adalah sudah mampu memahami karakteristik siswa, sudah membuat silabus dan RPP diawal masuk semester, membuat siswa aktif dengan melakukan sistem tanya jawab dalam proses pembelajaran, mengadakan evaluasi dengan mengerjakan LKS dan ulangan harian sehingga siswa ingat dan faham terhadap materi yang telah diajarkan serta selalu memberi motivasi agar siswa mengikuti kegiatan ekstra yang bersifat keagamaan.
Kesulitan belajar Siswa di SMP Negeri 1 Gondanglegi dalam pembelajaran PAI adalah membaca dan menulis Al-Qur'an, pembiasaan untuk ibadah dan masalah akhlak. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut ada dua yaitu faktor intern meliputi IQ yang rendah dan faktor ekstern meliputi lingkungan keluarga baik dari cara mendidik anak maupun ekonomi dan lingkungan sekolah yaitu ketidakjelasan KTSP dalam mata pelajaran PAI
Kompetensi Pedagogik Guru PAI sangat berperan dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gondanglegi. Hal ini dapat dilihat dari usaha yang mereka lakukan diantaranya adalah memahami karakteristik peserta didik sehingga strategi yang digunakanpun sesuai dengan kondisi tersebut, memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstra yaitu baca tulis Al-Qur'an dan Qiro'ah, melaksanakan sholat Dhuha, sholat Dhuhur dan sholat Jum'at secara berjamaah sebagai pembiasaan dalam beribadah, membiasakan siswa untuk memulai pelajaran dan mengakhirinya dengan berdoa terlebih dahulu, mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika bertemu dengan guru dimanapun berada. Dalam proses pembelajaran guru PAI akan terus berusaha dan berusaha mencari cara agar peserta didik faham dan mengerti terhadap materi yang diajarkan. Sehingga timbullah variasi dalam mengajar antara kelas yang satu dengan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Kesulitan Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45655 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |