Hayitahe, Saokee (2009) Pola manajemen peningkatan Mutu Guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pola manajemen merupakan bentuk-bentuk proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Kepala bidang manajemen yang berada langsung dibawah kepala sekolah secara kontinu memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai masalah yang berhubungan dengan peningkatan mutu guru baik berupa pengembangan dan perbaikan mengajar guru serta yang berkaitan dalam bidang profesinya. Pola manajemen yang dilakukan oleh kepala bidang manajemen sangatlah penting untuk meningkatkan mutu guru serta secara langsung meningkatkan mutu pendidikan sekolah, dari hal tersebut kita dapat mengetahui apakah pola manajemen yang dilakukan kepala bidang manajemen di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan sudah terlaksana atau belum terlaksana. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana pola manajemen yang dilaksanakan oleh kepala bidang manajemen dalam rangka peningkatan mutu guru dan faktor-faktor apa saja yang menghambat pelaksanaannya, serta hal-hal yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut dalam pelaksanaan peningkatan mutu guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan.
Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan teoritis dan pendekatan empiris. Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan penelitian yaitu dengan membaca dan menganalisis buku-buku yang relevan dengan judul skripsi ini. Sedangkan pendekatan empiris penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Strategi penelitian dengan menggunakan teknik interview dilaksanakan kepada kepala bidang manajemen dan guru.Untuk memaparkan dan temuan hasil penelitian dan menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prosentase data dan hasil wawancara bahwa pelaksanaan pola manajemen peningkatan mutu guru olah kepala bidang manajemn dapat terlaksana. Dapat disimpulkan bahwa bentuk pelaksanaan pola manajemen peningkatan mutu guru oleh kepala bidang manajemen berupa mengikutsertakan guru dalam berbagai seminar atau pelatihan, mengadaan training peningkatan mutu guru, mengadakan rapat dewan guru secara rutin, dan mengirimkan guru untuk mendalami ilmu pengetahuan lebih lanjut. Adapun yang manjadi hambatan pelaksanaan pola manajemen peningkatan mutu guru yaitu faktor internal berupa ketidakmampuan guru mengaplikasikan materi, kurang koorperatifnya guru senior dan kurang koordinasi antara guru dengan kepala bidang manajemen. Sedangkan faktor eksternal berupa minimnya dana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Manajemen; Mutu Guru | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45649 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |