Rahmawati, Ferry Kusuma (2010) Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Huda Merakurak Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110087.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (701kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah sistem pendidikan. Pengembangan kurikulum juga sama pentingnya dalam proses pendidikan. Mengingat betapa pentingnya komponen kurikulum dalam sebuah sistem pendidikan tersebut, maka selama ini kurikulum selalu mengalami perubahan atau lebih tepatnya penyempurnaan. Hal ini dilakukan agar kurikulum bisa sejalan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam upaya pengembangan kurikulum ini banyak kita jumpai berbagai macam permasalahan yang menyertainya. Salah satunya adalah saat ini pengembangan kurikulum belum berorientasi pada kepentingan peserta didik (peserta didik sebagai child oriented), tetapi kurikulum dikembangkan kearah peserta didik sebagai objek. Untuk mengatasi permasalahan yang selalu menyertai pengembangan kurikulum, diperlukan strategi yang tepat agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk, pertama adalah mendeskripsikan alasan yang mendasari pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nurul Huda Merakurak Tuban, kedua adalah untuk mengetahui komponen kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah ini, dan terakhir adalah untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan strategi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah tersebut. Karena itulah peneliti sengaja mengambil objek pada SMP Nurul Huda Merakurak Tuban, karena sekolah ini mengalami perkembangan yang sangat pesat ditengah masyarakat yang masih awam.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk teknik analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau terekam dari orang sebagai pihak-pihak yang terkait. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan lampiran sebagai pelengkap data.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disampaikan bahwa, pertam, alasan yang mendasari pengembangan kurikulum adalah karena yayasan yang menangungi sekolah tersebut adalah yaysan yang bercirikan keislaman. Selain itu, lembaga pendidikan ini didirikan ditengah masyarakat yang masih awam atau biasa disebut “masyarakat abangan”, sehingga pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Kedua, komponen kurikulum yang dikembangkan ada dua hal yaitu isi (materi) dan proses atau sistem penyampaian dan media (metode). Strategi pengembangan kurikulum di SMP Nurul Huda Merakurak Tuban ini adalah dengan menambah mata pelajaran agama Islam menjadi lima mata pelajaran, yaitu: Qur’an Hadits, Aqidah akhlaq, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab. Ketiga, guru pendidikan agama Islam menggunakan metode qiroati, hafalan, serta praktik dalam menyampaikan materi. Strategi-strategi yang dilakukan di sekolah ini sudah cukup bagus, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa serta kegiatan- kegiatan keagamaan siswa yang dilakukan rutin setiap minggu. Strategi yang dilaksanakan tersebut sangat mendukung proses pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah ini. Kalaupun ada strategi lain yang mungkin lebih baik dari pada yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
ABSTRACT
Curriculum is one important component in the education system. Curriculum development is also important in the education proses. Because of how important it is, the curriculum always changes to be more perfect. This is done to follow the development of science and technology.
In the effort of curriculum development, we often find some problems. One of them is that the curriculum development is not yet protege interest oriented (protege as child oriented). But, now the curriculum is developed for the protege as object. To solve the problem of the curriculum development, it is needed good strategy in order the purpose of the education can be reached exactly.
The objectives of the study are firstly, to describe the reasons underlie the
curriculum development of islamic education in Nurul Huda Senior High School of Merakurak, Tuban. Secondly, to know the curriculum component developed by the school. The last, to discuss how the implementation of the curriculum development strategy of islamic education in the school. The resercher intentionally chooses Nurul Huda Senior High School of Merakurak, Tuban as object because this school is rapidly developed in the general society.
This study uses qualitative method. Data gathered by observation, interview, and documentation. For analysis, the researche uses qualitative descriptive analysis which the data is written or recorded from the person who become the part of this study. Beside that, to support the field description, the writer encloses the appendix as the data complementary.
The results of the study are firstly, the reasons underlie the curriculum development is that the institute shadows the school is islamic marked. Beside that, this education institute is build in the general society commonly called “abangan society”, so the curriculum development of islamic education is adjusted to protege need. Secondly, the curriculum component developed is two things, matery and proses or delivery system and media (method). The curriculum development strategies of islamic education Nurul Huda Senior High School of Merakurak, Tuban are adding the islamic subject to be five: Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, History of Islamic Culture, and Arabic Language. Then the teachers of islamic education use qiroati and memorizing method also practice of matery delivery. The strategies used in the school is good enough. It is known from the study result of the students and their islamic activities done every Sunday. Those strategies really support the proses of curriculum development of islamic education in this school. If there are other strategy better than what has been discussed or written in this thesis, it can be suggestion or addition to make this thesis is be more developing and does not stop here.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Pengembangan Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Strategy; Curriculum Development; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 15:27 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 15:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45647 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |