Hasanah, Uswatun (2010) Peran Kepala Madrasah sebagai Inovator dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di MTsN Tunggangri Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110086.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembanga ditengang tengah masyrakat. Sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam sangat menentukn nasib generasi Islam masa depan sehingga madrasah dituntut untuk terus mengembangakan madrasah.Melihat fenomena madrasahyang ada, madrasah yang baik dan unggul sebagian besar berada pada wilayah perkotaan seperti pada daerah Malang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Hal diataslah yang menjadikan pertanyaan besar mengapa madrasah tertentu berkualitas baik sementara madrasah lainya secara umum tidak/ belum baik? Bagaimana fenomena madrasah pada daerah pedesaan? Tidakkah mereka mampu unggul dan bersaing sepertihalnya pada madrasah unggul di daerah perkotaan?Menanggapi hal tersebut, kepala madrasah sebagai pengelola madrasah dituntut lebih peduli dalam mengembangkan madrasah secara terus menerus, melihat wacana yang ada maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Peran Kepala Madrasah Sebagai Inovator Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di MTSN Tunggangri Kalidawir Tulungagung ”
Peneliti ini berfokus pada: (1) Bentuk pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTsN Tunggangri, (2) Peran kepala madrasah sebagai inovator dalam mengembangakan lembaga pendidikan Islam di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (3) Strategi kepala madrasah dalam proses pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung
Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mrndeskripsikan atau menggambarkan fenimena-fenomena yang sesungguhnya di likasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokmentasi, langkah peneliti untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pengembangan lembaga Pendidikan Islam di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah: (1)Terwujudnya Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional (RMBI),(2) Pengembagangan bidang kurikulum dan pembelajaran,(3) Pengembangan bidang Hubungan dengan masyarakat,(4)Pengembangan bidang kesiswaan,(5) Peningkatan kegiatan keagamaan sebagai ciri khas madrasah. Dalam proses pengembangan lembaga di atas kepala madrasah berperan sebagai seseorang yang membuat pembaharuan.Hal ini terlihat dari dari beberapa tindakannya yaitu dengan 1) Proaktif untuk inovasi kemajuan dan perkembangan madrasah maupun memilih yang relevan untuk kebutuhan lembaga., 2) Kemampuan mengimplementasikan ide – ide yang baru tersebut dengan baik yang mengarah pada kemajuan, 4) Kemampuan mengatur lingkungan kerja sehingga lebih kondusif untuk bertugas dengan baik.. Dari hasil penelitian di MTsN Tunggari kalidawir bapak H. Kirom Rofi’I sebagai kepala madrasah berusaha menanamkan beberpa strategi yang meliputi:Meningkatkan partisipasi masyaraat dalam madrasah melalui pembentukan komite madrasah, melaksanakan study banding/kunjungan ke madrasah/ sekolah lain, melaksanakan kerjasama dengan Instansi lain, melaksanakan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan di madrasah, serta optimalisasi manajemen madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran kepala madrasah; Inovator; Mengambangkan Lembaga Pendidikan Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 15:27 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 15:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45641 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |