Yuliavsari, Putri (2009) Konsep Pendidikan Islam dalam perspektif KH. Ahmad Dahlan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110030.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan menurut Islam merupakan bagian dari tugas kekhalifahan manusia yang harus dilaksanakan secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, Islam tentunya memberikan konsep-konsep yang mendasar tentang pendidikan dan menjadi tanggung jawab manusia untuk menjabarkan dengan mengaplikasikan konsep-konsep dasar tersebut dalam praktik pendidikan. Konsep adalah sebuah kerangka pikir, ide atau rancangan dalam suatu hal. Salah satu Intelektual Muslim yang mencoba melakukan rekonstruksi bangunan paradigma yang dapat dijadikan dasar bagi sistem Pendidikan Nasional adalah KH. Ahmad Dahlan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat diambil suatu rumusan masalah yang berkaitan dengan pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam dan relevansi pemikiran KH. Ahmad Dahlan pada konteks pendidikan Islam di abad 21.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian library research dan termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Dalam analisis data, penulis menggunakan teknis analisis deskriptif, dengan cara menemukan pola, tema tertentu, mencari hubungan logis antara pemikiran tersebut, kemudian mengklasifikasikan pemikiran sang tokoh sehingga dapat dikelompokkan ke dalam aspek pendidikan Islam yang sesuai, kemudian langkah terakhir yaitu merumuskan hasil untuk mencapai generalisai gagasan yang spesifik.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwa Pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam dapat terlihat pada usahanya dalam mengintegrasikan dikotomi ilmu pengetahuan, menjaga keseimbangan, bercorak intelektual, moral dan religius. Tujuan pendidikan Islam menurutnya adalah melahirkan individu yang utuh. Dalam rangka mengintegrasikan kedua sistem pendidikan, KH. Ahmad Dahlan lebih banyak mengadopsi sistem pendidikan sekolah barat yang sudah maju. Pemikiran KH. Ahmad Dahlan memiliki kerelevanan apabila dihadapkan pada konteks pendidikan Islam abad 21. Di antara pemikiran KH. Ahmad Dahlan yang memiliki keterkaitan dalam pendidikan Islam abad 21 adalah aspek tujuan pendidikan Islam dan kurikulum pendidikan Islam Hanya saja, tidak semuanya, akan tetapi butuh pemilahan-pemilahan kesistematisan konsep yang telah disampaikan. Pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan pendidikan di abad 21.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep; Pendidikan Islam; Abad 21 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 09:00 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 13:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45636 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |